Skip links

Penerapan Teknologi Occlusion Culling Dalam Optimalisasi Game 3d Pada Unity Engine

Teknologi Game berkembang cepat sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang game-game terkini.  Tahukah ada beberapa teknologi yang ada di balik layar sebuah game ?, teknologi Occlusion Culling adalah salah satu teknologi yang  digunakan oleh para pengembang game. Bagi Anda yang ingin menjadi pengembang game, sebaiknya perlu mengenal teknologi ini karena penting untuk optimalisasi game 3D yang di buat nantinya. Sebelum Unity menerapkan teknologi Occlusion Culling, sudah terdapat yang namanya Frustum Culling.

Occlusion Culling berbeda dengan Frustum Culling, di mana Frustum Culling hanya disable rendering untuk objek yang berada di luar jarak rendering oleh Camera. Sedangkan, Occlusion Culling berfungsi untuk disable rendering yang dilakukan objek Camera terhadap objek yang terhalang oleh sebuah objek tertentu. Dengan ini, maka tentunya kita dapat meningkatkan performa GPU agar memperoleh FPS (Frame Per Second) yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan beban task rendering yang dilakukan oleh GPU lebih minim. Lalu bagaimana cara menerapkan  Occlusion Culling ke game? Baik, langsung saja deh. Cara menambahkan Occlusion Culling:

Unisbank

Sampai di sini dulu  Penerapan Teknologi Occlusion Culling Dalam Optimalisasi Game 3D Pada Unity. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Terima kasih. (Wira DS)