SOSIALISASI KEDUDUKAN DAN PERAN PANCASILA BAGI KARANG TARUNA DESA SOJOMERTO, KEC. REBAN, KAB BATANG

  • Rokh Eddy Prabowo Universitas Stikubank
  • Bambang Sutejo
  • Agus Murdiyanto
  • Tristiana Rijanti

Abstract

Karang taruna merupakan sebuah organisasi di mana di dalamnya berisi para pemuda yang diwadahi dalam suatu tempat untuk mengembangkan generasi muda yang tumbuh dari kesadaran dan rasa tanggung jawab terhadap sesama dari masyarakat yang berada di Desa/Kelurahan yang bergerak di bidang social. Organisasi karang taruna memiliki tujuan yang keseluruhannya untuk masyarakat, dan tujuan khususnya yaitu meningkatkan kualitas diri. Karang taruna diharapakan mempunyai peran penting dalam membumikan pancasila diera kekinian. Karang taruna diyakini dapat menjadikan pancasila lebih kekinian, dinmis dan kreatif.

Tujuan dari pengabdian Sosialisasi Kedudukan dan Peran Pancasila bagi Karang Taruna Desa Sojomerto, Kec. Reban, Kab Batang untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air serta terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap genarasi muda warga karang taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial yang mungkin akan timbul dalam kehidupan bermasyarakat.

Published
2022-12-13
How to Cite
Prabowo, R., Sutejo, B., Murdiyanto, A., & Rijanti, T. (2022). SOSIALISASI KEDUDUKAN DAN PERAN PANCASILA BAGI KARANG TARUNA DESA SOJOMERTO, KEC. REBAN, KAB BATANG. Jurnal Penamas, 6(2), 193 - 198. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9178