DAMPAK PENGUMUMAN PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA TERHADAP KINERJA IHSG DAN HARGA SAHAM BUMN BIDANG KONSTRUKSI DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Moh. Irfan Tuasikal
  • Susianti Susianti Politeknik API Yogyakarta

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengumuman pandemi covid 19 di Indonesia. Sebuah peristiwa yang berpengaruh besar dalam kehidupan manusia, yang berpengaruh juga dari sisi sosial ekonomi. Bursa Efek Indonesia di mana banyak perusahaan listing merupakan suatu institusi yang terpengaruh dengan keadaaan penyebaran virus corona. Pengaruh tersebut diketahui dengan adanya kecenderungan penurunan IHSG di akhir tahun 2019. Karena kecenderungan bahwa covid ini menyebar secara masif, maka kajian ini mengkaji dan membandingkan dampak pada IHSG sebelum dan sesudah pengumuman pandemi covid 19 di Indonesia. Selanjutnya juga dikaji dampaknya pada perusahaan BUMN bidang konstruksi yang ada di Bursa Efek Indonesia. Hasilnya bahwa pengumuman terkait cobid 19 di Indonesia tersebut memberikan dampak pada penurunan IHSG dan harga saham BUMN Karya yang ada.

References

Bursa Efek Indonesia,(2010)., Indeks Harga Saham Bursa Efek Indonesia, Jakarta: Indonesia Stock Exchange.
Fanni, C.M., (2013). Reaksi Pasar Modal Terhadap Bencana Banjir Jakarta. (Event Study Pada Saham Perusahaan Asuransi Yang Listing di BEI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 1(2).
Farid Harianto, et.al (Penyunting), (1998). Perangkat dan Teknik Analisis Investasi di Pasar Modal Indonesia, PT Bursa Efek Jakarta, Jakarta.
Ikriyah, N., A.W. Mahsuni, dan M.C. Mawardi, (2016). Analisis Dampak Akuisisi Terhadap Harga Saham Perusahaan Pengakuisisi PT. PP Properti Tbk Pada PT Wisma Seratus Sejahtera. Jurnal Ilmiah Riset
Akuntansi 6 (08)
Jogiyanto, H. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (edisi ketujuh), BPFE, Yogyakarta.
Mamduh M. Hanafi, (2006). Manajemen Risiko, UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Manurung, H, (2019). PengaruhPemilu Serentak Terhadap Return Saham di Indonesia (Studi Kasus Saham LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia). Journal for Business and Entrepreneurship 3(1)
Nastiti Rizky S., et al, (2020). Dampak Pandemi Covid 19 di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Journal of Accaunting Taxing and Auditing (JATA), Vol.1, No.1, Februari 2020
Robert Ang, (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia, Media Soft Indonesia, First Edition.
Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal: Manajemen Portofolio dan Investasi., PT Kanisius, Yogyakarta.
William F.Sharpe, Gordon J.Alexander, Jeffery V. Bailey, (1997). Investasi (Edisi Bahasa Indonesia) Jilid 1, Alih Bahasa Henry Nyooliangtik, Agustiono, Prenhallindo, Jakarta.
Yuwono, A., (2013). Reaksi Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia Terhadap Pengumuman Peristiwa Bencana Banjir yang melanda Daerah Khusus Ibu Kota. Jurnal Nominal, II (2), p. 135-150
Published
2024-09-10
How to Cite
Tuasikal, M. and Susianti, S. (2024) “DAMPAK PENGUMUMAN PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA TERHADAP KINERJA IHSG DAN HARGA SAHAM BUMN BIDANG KONSTRUKSI DI BURSA EFEK INDONESIA”, Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 13(1), pp. 23-34. doi: 10.35315/dakp.v13i1.9938.