COOPERATIVE LEARNING BAGI PUTRA PUTRI PANTI ASUHAN NURUL ISLAM TLOGOSARI DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS
Abstract
Pembelajaran kooperatif dikenal sebagai pembelajaran secara berkelompok. Akan tetapi belajar kooperatif lebih dari sekedar belajar kelompok atau kerja kelompok karena dalam belajar kooperatif ada struktur dorongan atau tugas yang bersifat kooperatif sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan hubungan yang bersifat interdependensi efektif di antara anggota kelompok. Panti Asuhan merupakan lembaga sosial yang semakin banyak berkembang di tengah masyarakat Indonesia. Ini merupakan salah satu bentuk gotong royong yang dlembagakan dimana pihak pengelola yang memiliki sumberdaya yang cukup memberikan pertolongan, perhatian dan melindung sejumlah anak yang masih di bawah umur yang tidak memeiliki orang tua lengkap. Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat FBIB ini memberikan pelatihan teknik pembelajaran kooperatif kepada anak-anak Panti Asuhan Nurul Islam Dengan memberikan pelatihan teknik pembelajaran kooperatif diharapkan anak-anak Panti Asuhan Nurul Islam bisa melaksanakan belajar bersama dalam kelompok secara terstruktur serta dapat menumbuhkan semangat kerja sama di antara mereka.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif , panti asuhan, cooperative Learning