Produk dan jasa yang sudah dirancang dengan baik membutuhkan pemasaran. Ini diperlukan agar bisnis bisa dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu bisnis juga bisa menyampaikan pesannya melalui pemasaran yang dirancang dengan baik. Pemasaran yang baik dibuat berdasarkan perancangan yang baik juga. Untuk bisa melakukan hal itu, diperlukan langkah-langkah penting. Menghasilkan pemasaran yang efektif tidak semudah membalik telapak tangan.
Ada beberapa langkah kunci untuk menyusun strategi pemasaran yang sukses. Dimulai dari membangun rencana pemasaran, membuat persona pembeli, identifikasi tujuan bisnis, pilih alat yang diperlukan, tinjau sumber daya yang ada, analisis kompetitor, dan terakhir jalankan strateginya. Terdapat banyak langkah-langkah strategi pemasaran yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi pemasaran juga selalu berubah mengikuti tren dan perkembangan yang baru.
-
Memahami Kebutuhan Pasar
Tujuan dari strategi marketing yaitu untuk membuat produk dikenali serta digunakan oleh banyak orang. Maka, langkah yang paling utama dan masuk akal adalah mengenali kondisi dan kebutuhan pasar. Untuk memahami keduanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik dari segi produk serta konsumen. Dari segi produk atau jasa yang akan dijual, nantinya harus memperhatikan juga harga, tren sekarang dan juga kompetitor bisnismu. Dari segi konsumen, nantinya harus mencari tahu apa yang dicari oleh konsumen ketika menggunakan jasa atau produk terkait. selain itu bisa juga menggali lebih dalam tentang fitur atau hal-hal apa saja yang dicari konsumen namun masih belum ada pada produk atau jasa kompetitor yang telah diidentifikasi sebelumnya. Bagaimana caranya untuk mengetahui kebutuhan pasar? nantinya dapat memahami kondisi serta kebutuhan pasar dengan melakukan pencarian di halaman internet. Untuk mempelajari perilaku konsumen, dapat juga melakukan wawancara dengan beberapa konsumen dari target pasar kamu.
-
Pilih Lokasi Strategis
Pemilihan lokasi strategi menjadi faktor penting dalam strategi pemasaran. kita ambil contoh outlet toko roti Holland Bakery yang selalu berada di lokasi yang strategis. Seperti di jalan yang sibuk akan traffict lalu-lalang sangat tinggi. Hal ini merupakan strategi yang digunakan oleh Holland Bakery dalam membidik pelanggan potensial. Untuk itu, usahakan memilih lokasi yang tepat dan strategis agar kesempatan bisnis dapat diakses oleh lebih banyak pelanggan.
-
Merencanakan Strategi
Dasar dari pemasaran yang baik adalah merencanakan strategi. Hal ini secara garis besar berisi mengenai alasan mengapa kamu memerlukan langkah tertentu, sumber daya yang dibutuhkan, serta tujuan untuk dicapai melalui strategi ini. Memulai sesuatu tanpa tahu tujuan akhir dan langkah apa yang diperlukan agar dapat mencapainya sangat tidak efektif. Waktu kamu terbuang begitu saja dan sumber daya akan habis tanpa memberikan hasil memuaskan. Buat rencana pemasaran berdasarkan data dan analisis yang tepat. Sehingga nantinya kamu bisa mencapai tujuan akhir sesuai keinginan bahkan melebihinya.
-
Menentukan Goals/Tujuan Akhir
Menentukan goals atau tujuan akhir membantu bisnis dalam merencanakan pemasaran. Hal ini menjadi pemandu bagi bisnis agar bisa melakukan langkah yang tepat untuk mencapainya. Sebagai contoh ketika bisnis ingin meningkatkan brand awareness maka pemasaran yang dilakukan harus bisa membantumu mencapai goals tersebut. Salah satu cara terbaik menciptakan tujuan akhir untuk pemasaran bisnis yaitu menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time oriented.). Tujuan akhirmu harus spesifik serta jelas, bisa diukur menggunakan variabelnya, bisa dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu.
-
Gunakan Internet Marketing
Internet marketing bisa menjadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Nantinya bisa mengetahui selera pelanggan dan juga kebutuhannya dengan menempatkan bisnis pada platform di media sosial. Terlebih mengingat saat ini transaksi jual beli secara online semakin marak dengan jumlah transaksi yang selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja diluar jam buka toko, menghuindari keramaian dan lebih privasi. Ruang inovasi juga menjadi terbuka lebar di internet.
-
Jalin Hubungan Dengan Pelanggan
Menjaga pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru 6 kali lipat lebih besar dibandingkan menjaga kepercayaan pelanggan lama. Untuk itu, buatlah database pelanggan, masukan data-data penting berserta dengan kemajuan yang sudah dicapai. Nantinya bisa dihubungi lagi secara berkala dan menginfokan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan.