Tunjang Bakat dan Minat Mahasiswa, UNISBANK Gelar LK-UKM Expo

Pada hari kedua PEKAKU 2024 (10/09/2024), UNISBANK menggelar Expo LK-UKM di kampus Kendeng di Jalan Kendeng V Bendan Ngisor Semarang. Mahasiswa baru perlu beradaptasi dengan lingkungan baru untuk mengetahui serba-serbi di kampusnya, termasuk di dalamnya ada beraneka ragam Lembaga Kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk menunjang bakat dan minat mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unisbank Semarang, Dr. Endang Tjahjaningsih, SE M.Kom mengatakan Expo LK UKM 2024 ini untuk menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025. Expo ini merupakan bagian dari kegiatan PEKAKU 2024. “Kegiatan Pekaku tidak ada unsur kekerasan atau perploncoan, namun diisi dengan berbagai kegiatan yang penuh kreativitas,” katanya.

Endang mengatakan dalam kegiatan tersebut, mahasiswa baru diajak mempersiapkan diri untuk masuk dalam ekosistem pengusaha muda sukses. Hal ini, kata dia sesuai dengan tagline Unisbank Semarang, yaitu Digital Youth Entrepreneurial University.

Dijelaskan, Pekaku Unisbank Semarang 2024 ini menyambut mahasiswa baru, seperti program pasca sarjana, yaitu magister manajemen dan magister teknologi informasi. Selain itu juga program sarjana, yaitu manajemen, akuntansi, teknik informatika, sistem informasi, teknik industri, sastra Inggris dan ilmu hukum. “Untuk program diploma 3, yaitu perhotelan, keuangan dan perbankan serta diploma 4 atau sarjana terapan, meliputi teknologi rekayasa multimedia grafis dan program profesi akuntansi,” terangnya.

Ia menambahkan expo tersebut digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan kegiatan LK dan UKM kepada mahasiswa baru. Setidaknya ada 32 stand LK dan UKM Unisbank Semarang yang menampilkan kegiatannya masing-masing. “Ada juga UKM yang unjuk kebolehan dan keahliannya, salah satunya adalah Mapalast yang mempertunjukan wall climbing,” imbuhnya.

Senada dengan Wakil Rektor, Presiden BEMU Universitas Stikubank, Amaliyatul Hidayat Rofiq mengatakan “Pekaku ini menjadi wadah tempat orientasi bagi mahasiswa baru untuk saling mengenal, berikut juga dengan organisasi yang ada di dalamnya,” Menurut Amaliya, ada dua jenis organisasi kemahasiswaan di kampus, pertama lembaga kemahasiswaan yang bernaung di universitas dan fakultas. Contohnya BEM universitas, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), BEM fakultas, himpunan mahasiswa program studi.