Tim Vokasi UNISBANK Mendapatkan Pendanaan Program INOVOKASI 2024

Tim Fakultas Vokasi UNISBANK yang diketuai oleh Dr. Retnowati, S.Si., M.Sc., berhasil lolos dalam pendanaan program INOVOKASI tahap kedua tahun 2024. Proposal yang berjudul “Revitalisasi Produk Tomakurhe Melalui Optimalisasi Workflow, Packaging, dan Digital Marketing” berhasil mendapatkan dana hibah dalam skema PPTTG.

Skema PPTTG (Program Pengembangan Teknologi Tepat Guna) adalah salah satu skema pendanaan yang dirancang untuk mendukung pengembangan dan penerapan teknologi yang dapat memberikan solusi praktis untuk kebutuhan masyarakat. Tujuan dari skema ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang mudah diterapkan, murah, dan bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan pemberdayaan ekonomi, peningkatan kualitas hidup, dan pengelolaan sumber daya secara efisien. Proposal yang disusunĀ  dalam skema PPTTG biasanya berfokus pada inovasi yang memiliki potensi besar untuk diadopsi oleh industri kecil, komunitas lokal, atau sektor lain yang membutuhkan solusi teknologi tepat guna.

Program Inovasi Kreatif untuk Mitra Vokasi (INOVOKASI) adalah program pembinaan dan penguatan usaha untuk level Mikro, termasuk BUMDES, IRT dan kelompok usaha produktif yang dilakukan perguruan tinggi dalam rangka mendorong terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan. Berikut adalah tujuan INOVOKASI:

1. Mengintegrasikan antara kegiatan proses pembelajaran dan mitra vokasi dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa PTPPPV untuk terlibat langsung dalam pemecahan berbagai masalah riil yang dihadapi mitra vokasi.

2. Menguatkan ekosistem kemitraan antara mitra vokasi dengan PTPPV sehingga terbangun kerjasama yang saling menguntungkan dalam bentuk pemanfaatan hasil penelitian dan/atau kepakaran yang dimiliki oleh PTPPV untuk memberikan pembinaan, pendampingan, penguatan, dan penyelesaian masalah mitra vokasi sehingga kemandirian mitra dapat terwujud dan keberlanjutan program terjamin.

3. Mendorong hilirisasi/transfer teknologi hasil penelitian dan/atau kepakaran perguruan tinggi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi mitra vokasi.

4. Mengakselerasi pencapaian IKU perguruan tinggi, khususnya IKU 2 dan IKU 5.

Keberhasilan Dr. Retnowati dalam memperoleh pendanaan program INOVOKASI 2024 menegaskan komitmen Universitas Stikubank dalam mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Melalui proyek ini, diharapkan teknologi tepat guna yang dihasilkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus memperkuat peran perguruan tinggi dalam mendukung hilirisasi teknologi dan pemberdayaan komunitas.

Fakultas Vokasi UNISBANK yang terdiri dari Program Studi D3 Perhotelan, D3 Keuangan dan Perbankan serta Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis juga selalu menerapkan “Kuliah Asik, Hasil Keren” kepada mahasiswa Fakultas Vokasi untuk terus mengembangkan potensi mereka.