Tim KKN Tematik 2024 UNISBANK Diterjunkan ke Kecamatan Gayamsari dan Pedurungan

KKN Tematik merupakan kurikulum yang wajib diambil oleh seluruh Mahasiswa UNISBANK sejak tahun 2023. KKN Tematik kedua di tahun 2024 akan menerjunkan mahasiswa ke kecamatan Gayamsari dan Pedurungan. Tim KKN Tematik dilepas oleh Rektor UNISBANK, Selasa (30/07/2024) di Kampus Mugas, jalan Tri Lomba Juang No.1.

KKN Tematik 2024 memiliki tema utama untuk mendukung program Identitas Kependudukan Digital (IKD), yang merupakan program kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Kerja sama antara UNISBANK Semarang dan Disdukcapil Pemkot Semarang ini terkait dengan edukasi kepada masyarakat mengenai tata cara administrasi pengurusan kependudukan atau Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Pelaksanaan KKN Tematik ditangani oleh Direktorat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Publikasi (DPPMP) UNISBANK. Direktur DPPMP, Prof. Dr. Euis Soliha, M.Si. menginformasikan bahwa KKN Tematik akan dilaksanakan mulai 30 Juli 2024 hingga 30 Agustus 2024, sehingga peserta KKN dapat terlibat juga untuk membantu setiap kelurahan menyambut HUT RI ke-79. Peserta KKN Tematik disebar di 29 kelurahan di wilayah Kecamatan Gayamsari dan Pedurungan.

Selain itu juga mengusung tema tambahan Manajemen Usaha dan Kewirausahaan, Kampung Sehat, Rumah Terampil,  Internet Sehat, Budaya dan Seni, serta Desa Wisata. Pada tahun sebelumnya, tema-tema ini juga dilaksanakan untuk mendukung program kerja di Kelurahan-kelurahan tempat lokasi KKN Tematik, yaitu Kecamatan Gayamsari.

Rektor UNISBANK, Dr. Edy Winarno, S.T., M.Eng berharap mahasiswa peserta KKN Tematik II mampu mengimplementasikan kompetensi keilmuannya yang diperoleh selama kuliah pada saat diterjunkan ke tengah masyarakat. Serta membawa nama baik pribadi, keluarga dan almamater.

Pada pelaksanaan KKN Tematik ini, setiap kelompok mahasiswa juga didampingi oleh seorang Dosen Pendamping Lapangan untuk membantu koordinasi dan pelaksanaan kegiatan KKN. Selama satu bulan, mahasiswa akan berhadapan langsung dengan beragam masalah yang ada di masyarakat, oleh karena itu peserta KKN Tematik diharapkan dapat bekerjasama juga dengan peserta lainnya yang berbeda program studi.