Inilah Alasan yang Layak Dipertimbangkan untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta

Di dunia kerja, salah satu yang harus dimiliki untuk survive adalah gelar sarjana. Rata-rata perusahaan selalu mencari karyawan dengan jenjang pendidikan S1, daripada lulusan sekolah menengah saja. Oleh karena itu sangat penting untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

Sebagian besar masyarakat mungkin memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, tetapi masalahnya kuota di PTN biasanya sedikit. Apabila memilih melalui jalur mandiri, biayanya juga tidak murah. Meski tidak bisa ke PTN, sebaiknya tetap melanjutkan kuliah meski harus di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Inilah alasan yang layak dipertimbangkan untuk memilih PTS :

1. Biaya Kuliah di PTN Belum Tentu Lebih Murah

Alasan utama memilih PTN biasanya adalah masalah biaya kuliah. Masyatakat masih beranggapan bahwa biaya kuliah di PTN pasti murah, padahal tidak selamanya PTN lebih murah dari PTS. Apalagi isu yang baru-baru ini terjadi, beberapa PTN menaikkan UKT, tentunya membuat stigma PTN murah menjadi terbantahkan. Apalagi jika masuk melalui jalur mandiri, tentunya sudah menjadi rahasia umum apabila biaya kuliahnya mungkin melebihi sebagian besar biaya kuliah di PTS.

2. Tidak Selamanya Kuliah di PTS Berarti Mahasiswa Level Dua

Mahasiswa PTS seringkali dianggap sebagai mahasiswa level dua, padahal tidak selamanya pandangan tersebut benar. Banyak juga siswa-siswi terbaik dari sekolah menengah negeri dan swasta yang memilih PTS karena mereka merasa tepat dengan program studi yang dimiliki PTS. Banyak sekali program studi di PTS yang jauh lebih baik daripada di PTN, hal ini terlihat dari prestasi mahasiswa PTS pada saat mengikuti kompetisi.

3. Kualitas dan Fasilitas Kampus Swasta yang Mumpuni

Alasan penting untuk memilih PTS adalah kualitas mahasiswa PTS sekarang banyak yang sebanding dengan lulusan PTN. Beberapa lulusan di program studi tertentu bahkan lebih menarik daripada lulusan PTN. Hal ini karena proses di PTS yang biasanya lebih flexible dan mengutamakan perkembangan mahasiswa sesuai passionnya. Fasilitas penunjang kuliah di PTS biasanya memanjakan mahasiswanya, seperti di Universitas Stikubank menyediakan lingkungan kampus yang nyaman bagi mahasiswa. Dengan fasilitas yang baik, tentunya mahasiswa dapat berkreasi dan memaksimalkan potensinya.

4. Pembelajaran yang Lebih Efektif

PTS biasanya memiliki kecenderungan untuk melaksanakan proses pembelajaran dalam kelas kecil, karena dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak, Dosen dapat lebih memahami mahasiswanya. Inilah yang membuat pembelajaran di PTS lebih efektif. Penting sekali bagi mahasiswa mendapatkan perhatian yang khusus karena setiap pribadi memiliki cara tersendiri dalam belajar.

5. Waktu Kuliah yang Flexible

Kampus Swasta pastinya menyediakan kelas kuliah yang lebih flexible. Pada masa kini, belajar dan bekerja menjadi satu kesatuan yang bagi beberapa orang harus menjalaninya. Kampus swasta banyak yang menyediakan pilihan kuliah secara flexible, sehingga bagi yang ingin kuliah tetapi tetap harus bekerja dapat memilih waktu yang tepat bagi mereka. Universitas Stikubank bahkan memberikan dua pilihan bagi yang bekerja, ada kelas Digital Learning Class (DLC) dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Keduanya dilaksanakan secara hybrid online dan offline, sehingga program ini cocok sekali untuk karyawan.