Mantapkan Ekosistem Wirausaha, DPBK UNISBANK Gelar Expo Bisnis

Mantapkan ekosistem wiramuda UNISBANK, Divisi Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (DPBK) UNISBANK menggelar pra Expo Bisnis, Jumat (31/05/2024) di Hall Lantai 9 Kampus Mugas. Kegiatan ini dalam rangka Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Mentoring of Business, yang merupakan rangkaian pembekalan kewirausahaan untuk Mahasiswa UNISBANK.

Sebanyak 105 tenant turut memeriahkan Expo Bisnis yang mengusung tema “Ekosistem Wirausaha UNISBANK”. Berbagai jenis usaha mulai dibangun oleh mahasiswa pada semester ini. Dominasi usaha kuliner terlihat sudah menjajakan produknya. Sementara yang non kuliner juga cukup beragam, mulai dari produk sabun, sofa, craft, fashion, desain, software, media sosial, playstation, jasa shoe cleaner dan masih banyak lagi.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kewirausahaan Unisbank Semarang, Dr. Elen Puspitasari, S.E., M.Si. mengatakan kegiatan tersebut merupakan pra expo bisnis ekosistem wirausaha Unisbank Semarang, merupakan implementasi dari mata kuliah kewirausahaan tahap yang sudah advance. Sebelumnya para mahasiswa telah mengambil mata kuliah Character of Entrepreneurs sebelum akhirnya masuk ke mata kuliah Mentoring of Business.

Menurut Elen, membentuk karakter mahasiswa menjadi wirausaha diperlukan sebelum akhirnya mereka terjun langsung ke dunia wirausaha atau bisnis. Dia optimistis semua mahasiswa dapat melakukannya dan memiliki potensi untuk menjadi pengusaha. “Mata kuliah mentoring of business ini untuk menuju ke ujian akhir semester (UAS) yang akan menjadi expo besarnya. Maka sebelum ujian tengah semester (UTS) terlebih dahulu di pra expo ini,” terangnya.

Karena Expo Bisnis ini merupakan ujian, penilaian yang ditetapkan tim dan dewan juri, di antaranya ide bisnis harus kreatif dan inovatif, menawarkan solusi. Kemudian, memiliki nilai tambah yang jelas bagi konsumen dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selanjutnya memiliki target pasar yang jelas dan cukup besar. Kemudian telah dilakukan analisis pasar dan kelayakan usaha yang menunjukkan prospek bisnis yang baik.

Sebagai kampus yang memiliki tagline Digital Youth Entrepreneurial University (universitas wirausaha pemuda digital), UNISBANK ingin menghasilkan para pengusaha muda, di mana mereka memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha serta berkesempatan untuk kuliah. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa didampingi oleh mentor yang berasal dari dosen yang berpengalaman dan para praktisi dunia usaha dunia industri. Dengan menghadirkan pelaku bisnis, diharapkan mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih dan keberanian untuk menjadi pengusaha.