Dosen Perlu Meningkatkan Wawasan Literasi Digital

LLDIKTI Wilayah VI menggelar “Workshop Optimalisasi Sistem Informasi bagi Dosen Tahun 2023” yang berlangsung pada Selasa (31/10) bertempat di Kampus Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan literasi digital dosen. Dosen harus paham dengan teknologi informasi dan meningkatkan literasi digital, keamanan data digital, serta sistem yang wajib dikuasai oleh dosen.

Workshop yang berlangsung secara hybrid tersebut dibuka secara resmi melalui daring zoom oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H, dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah VI menyampaikan bahwa dosen merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan tinggi dan mempunyai peran yang sangat signifikan bagi PT untuk menjalankan fungsinya. Peran penting dosen tertuang dalam akreditasi, dimana instrumen Sumber Daya Manusia (Dosen) merupakan satu instrumen tersendiri. Instrumen tentang Dosen tertuang di Akreditasi Minimal Baik, Reakreditasi maupun Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi.

Dalam kesempatan ini, Fahri Firdausillah yang menjadi narasumber, menjelaskan materi tentang literasi digital, keamanan data dan aplikasi penting yang wajib dikuasai oleh dosen. Fahri menjelaskan bahwa setiap dosen harus meningkatkan literasi digital untuk meningkatkan wawasan dan kinerja dosen di era teknologi seperti ini. Fahri juga menjelaskan tentang aplikasi apa saja yang wajib dikuasai oleh dosen, yaitu aplikasi penunjang administrasi dosen seperti SISTER, SIBRAJA, SINTA, serta aplikasi penunjang keahlian dosen seperti Learning Management System, Reference Manager & Visualizer, AI Tools.

Konsekuensi jika kurang literasi digital dapat menimbulkan kerugian finansial, misalnya penipuan online yang bisa mengakibatkan kerugian finansial. Kerentanan terhadap informasi palsu/hoax juga bisa terjadi jika kurang literasi. Bahkan bisa juga kesepian karena tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga atau teman melalui media sosial atau video call, atau ngobrolnya tidak nyambung, tambah Fahri.

Presentasi Workshop Optimalisasi Sistem Informasi bagi Dosen Tahun 2023 dapat diakses melalui link yang telah disediakan oleh LLDIKTI Wilayah VI disini.