Inilah Aktivitas Luar Biasa KKN Tematik Angkatan 1

KKN Tematik Angkatan 1 Unisbank telah berakhir secara resmi Senin (28/08). Upacara penarikan dilakukan di Kecamatan Gayamsari. Dihadiri Sekretaris Camat dan Lurah-lurah di wilayah Kecamatan Gayamsari, Rektor Unisbank menerima kembali 503 mahasiswa peserta KKN Tematik 2023.

Sebanyak 48 kelompok telah terjun ke masyarakat di Kecamatan gayamsari. Mereka disebar di beberapa wilayah Kecamatan Gayamsari, diantaranya adalah Kelurahan Gayamsari, Pandean Lamper, Sambirejo, Siwalan, Sawah Besar, Kaligawe dan Tambakrejo.

Di Kelurahan Tambakrejo, kelompok KKN Tematik turut serta dalam penghijauan dan urban farming. Kelompok ini mendapatkan bantuan sebanyak 150 tanaman dari Dinas Perumahan dan Pemukiman. Mereka juga mengadakan pelatihan Digital Marketing dan sosialisasi UU ITE ke masyarakat. Merayakan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, mahasiswa juga turut serta mempercantik tanggul dengan lukisan mural.

Kelompok Kaligawe melakukan aktivitas pilah sampah, mengembangkan budidaya Aquaponik, Sosialisasi Penipuan Online Melalui SosMed. Untuk melestarikan budaya, mahasiswa membuat Web Budaya Kaligawe dan Mini Konser Keroncong bersama Budayawan Keroncong Sukamto. Untuk tema kampung hijau, mereka juga turut mendukung Urban Farming, pembenahan taman dan pemberian bibit serta peremajaan taman toga. Turut peduli juga dengan kesehatan anak, memberi sosialisasi Stunting dan Sosialisai Gadget bagi kesehatan anak.

KKN Tematik Sawah Besar banyak melakukan sosialisasi untuk UMKM, diantaranya adalah Sosialisasi UMKM dari produk sampai pemasaran, Sosialisasi Inovasi Penguatan UMKM dan Pengenalan Grab Marchant, Sosialisasi Internet Sehat dengan sasaran anak usia SD sd anak usia SLTA serta Pemberdayaan Posyandu dan Sosialisasi Stunting.

Mahasiswa melakukan kegiatan edukasi pengelolaan limbah minyak jelantah menjadi lilin di Kelurahan Siwalan.
Mereka juga giat dalam kegiatan posyandu dan mengaktifkan kembali paguyuban kesenian budaya, salah satu kegiatannya adalah pelatihan seni tari pada anak-anak dan ibu ibu. Program mereka juga ada ceramah di SMPN 4 dengan topik Internet Sehat.

Kelurahan Sambirejo telah memiliki UMKM yang sukses karena pandemi Covid-19. UMKM ini telah memproduksi minuman kesehatan “Lanceng”, yaitu minuman yang terbuat dari rempah alang-alang dan cengkeh. Mahasiswa KKN Tematik berhasil membantu UMKM tersebut untuk mendapatkan Nomor Ijin Berusaha (NIB) dan proses Halal. Salah satu kegiatan lainnya adalah sosialisasi internet sehat bagi Masyarakat bekerjasama dengan Diskominfo Kota Semarang.

Kreativitas mahasiswa KKN Temati juga ditunjukan di Kelurahan Pandean Lamper. Mereka mengubah koran bekas sebagai asesoris dan pakaian untuk karnaval peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia. Bahan yang dibuang oleh warga dimanfaatkan untuk barang yang memiliki nilai lebih. Masyarakat di Pandean Lamper juga diajarkan untuk membuat kostum karnaval dari plastik. Kegiatan ini cukup menarik, terutama bagi anak-anak yang ingin turut serta sebagai peserta karnaval.

KKN Tematik di Kelurahan Gayamsari cukup beragam, untuk kampung hijau, mahasiswa mendapatkan bantuan bibit tanaman dari Dinas Pertanian. Workshop Ecoprint dan bantuan MMT untuk UMKM dilakukan untuk mendukung UMKM agar lebih berkembang. Dalam hal seni budaya, mahasiswa turut mendukung acara ketoprak Seni budaya.
Untuk kesehatan masyarakat, kegiatan penyuluhan gigi sehat untuk anak dan kulit sehat untuk lansia juga telah dilaksanakan oleh mahasiswa Unisbank.

Kegiatan KKN Tematik mendapat apresiasi dari pihak Kelurahan dan Kecamatan Gayamsari. “Selain mendukung program kerja Pemerintah Kota Semarang, Mahasiswa juga dapat mengedukasi masyarakat dalam bidang-bidang yang telah diprogramkan pada KKN Tematik kali ini”, demikian ungkap Sekretaris Camat Gayamsari, Wiwoho Budi Hartono, S.H., M.M.