48 Kelompok KKN Tematik Pulang Kembali ke Kampus Unisbank

Hari ini, Senin (28/08) sebanyak 503 Mahasiswa Unisbank yang terbagi dalam 48 kelompok KKN Tematik telah menyelesaikan tugasnya dan akan pulang kembali ke kampus. Acara Penarikan KKN Tematik dilaksanakan di Kecamatan Gayamsari Semarang. Sejak dilepas satu bulan yang lalu, sebanyak 48 kelompok telah terjun ke masyarakat di Kecamatan gayamsari. Mereka disebar di beberapa wilayah Kecamatan Gayamsari, diantaranya adalah Kelurahan Gayamsari, Pandean Lamper, Sambirejo, Siwalan, Sawah Besar, Kaligawe dan Tambak Rejo.

KKN Tematik kali ini dibagi dalam beberapa tema, yaitu Manajemen Usaha dan Kewirausahaan, Desa Wisata, Kampung Sehat, Rumah Terampil, Internet Sehat, dan Budaya & Seni. Ada banyak program kerja yang telah berhasil dilaksanakan oleh setiap kelompok. Dibidang kewirausahaan, mahasiswa telah melatih, membantu dan mendampingi UMKM dalam memasarkan produk secara digital, mendaftarkan PIRT dan merk serta mengajari pelaku usaha untuk promosi lewat internet, membuat tempat mereka dapat ditemukan melalui Google Map.

Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam tema budaya dan seni juga banyak belajar budaya tradisional seperti tembang jawa dan karawitan. Disisi lainnya mahasiswa juga memperkenalkan kreatifitas seni modern seperti musik modern, grafiti, fashion recycle dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Melalui desa wisata dan kampung terampil, mahasiswa mengajari masyarakat tentang ecoprint dan memanfaatkan bahan bekas untuk mendukung urban farming.

Mahasiswa juga membuat seminar dan workshop untuk memanfaatkan internet. Penyuluhan internet sehat juga menggandeng Diskominfo Kota Semarang di Kelurahan Sambirejo (23/08). Mengangkat tema “Bijak Dalam Berinternet Sebagai Media Informasi Dan Penyuluhan Tentang Penipuan Online atau Pinjaman Online” yang menghadirkan narasumber Asdani Kindarto, M.Eng., Ph.D.