Tim PKM Unisbank Dampingi MGMP Pemasaran untuk Tingkatkan Kompetensi Digital Marketing

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang melaksanakan program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) kepada guru-guru mata pelajaran (mapel) pemasaran SMK untuk meningkatkan kompetensi digital marketing. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan untuk para guru yang tergabung dalam MGMP Pemasaran di eks-Karesidenan Pekalongan.

Kegiatan yang mengangkat tema “Penguatan Karakter Pelajar Pancasila melalui Peningkatan Kompetensi Digital Marketing di Lingkungan MGMP Pemasaran” dilaksanakan selama dua hari (23-24/8) di Laboratorium E-Commerce SMK Negeri 2 Pekalongan.

Pada pelatihan tersebut, guru-guru mapel Pemasaran dibekali materi digital marketing yang disampaikan dua orang anggota Tim PKM Unisbank. Yakni Fatkhul Amin dan Alimuddin Rizal Rivai. Ketua Tim PKM Unisbank Elen Puspitasari menjelaskan, program PKM dengan skema mitra sasaran masyarakat sekolah di lingkungan MGMP Pemasaran se-eks Karesidenan Pekalongan, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru mapel pemasaran. Sehingga saat mereka mengikuti uji kompetensi digital marketing bisa lulus uji kompetensi sesuai standar BNSP.

Kegiatan diikuti guru-guru mapel pemasaran dari berbagai sekolah. SMKN 2 Pekalongan, SMKN 1 Batang, SMK PGRI Batang, SMK Baitussalam, SMK Veteran dan SMKN 1 Pemalang. Selain itu, SMK Muhammadiyah 1 Pemalang, SMKN 2 Tegal dan SMKN 1 Dukuhturi. Tidak hanya diikuti oleh para guru, pelatihan tersebut juga diikuti 40 siswa. Mereka juga diajak untuk mempelajari digital marketing.