Unisbank Sukses Menggelar International Conference

Rabu (12/07), Unisbank sukses menggelar 2nd Intern​ational Conference of Multidisciplinary Studies (ICMS) dengan tema Smart Technology and Creative Economy Transformation to Support Post-Pandemic Development. Acara yang dilaksanakan secara online ini cukup menarik para akademisi untuk turut serta. ICMS kedua ini diikuti oleh peserta yang berasal dari lima negara, yaitu Indonesia, India, Pakistan, Jepang dan Malaysia.

2nd Intern​ational Conference of Multidisciplinary Studies (ICMS) menghadirkan dua orang keynote speaker, yaitu Prof. Omar Farooq dari Department of Electronics Engineering, AMU Aligarh, India dan Prof. Andy Liew dari Help University, Malaysia.

Ketua panitia ICMS, Dr. Kristiawan Nugroho, S.Kom., M.Kom. berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi ilmiah bagi pengembangan penelitian dibidang smart technology dan ekonomi kreatif. Semoga acara ini juga memberikan kesan yang baik untuk seluruh peserta ICMS 2023.

Membuka kegiatan ICMS yang kedua, Rektor Unisbank, Dr. Edy Winarno, S.T., M.Eng. juga turut memberikan apresiasi pada seluruh peserta, baik peserta seminar maupun pemakalah yang turut serta memberikan kontribusi ilmiah pada ICMS yang mengangkat tema Smart Technology and Creative Economy Transformation to Support Post-Pandemic Development. Rektor juga berharap kegiatan ini memberikan manfaat dalam pengembangan keilmuan dan penelitian.

Jalannya acara dipandu oleh MC Atik rahmawati dan Amaliyatul Hidayah Rofiq serta moderator Ajeng Aquinia, S.E., M.M. Acara ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah seminar yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta melalui Zoom dan disiarkan juga secara online di Youtube Unisbank TV. Sesi seminar dapat dilihat kembali di link Unisbank TV.

Prof. Omar Farooq menyampaikan materi dengan judul “Automatic Sleep Apnea Detection Using EEG Signal”. Sejak adanya pandemi covid-19, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tidur seseorang. Diantaranya adalah perubahan rutinitas karena jadwal kerja dan faktor pengobatan. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan tidur. Penelitiannya mendeteksi Sleep Apnea menggunakan sinyal Electroencephalogram (EEG).

Mengangkat topik ekonomi kreatif, Prof. Andy Liew dari Malaysia mengajak peserta untuk belajar dari industri K-Pop dan Kosmetik Korea. Mereka telah mempengaruhi para kawula muda di Malaysia dan mungkin juga Indonesia untuk menjadi seperti idola mereka. Ditambah dengan perkembangan media sosial seperti Facebook dan Instagram, telah membuka peluang untuk industri kreatif. Prof. Andy menyampaikan peran smart technology dalam transformasi ekonomi kreatif.

ICMS kedua ditutup dengan sesi paparan pemakalah yang dilaksanakan secara paralel. Para pemakalah dibagi dalam room berbeda sesuai dengan track Computer Science and Engineering, Social Science, Management, dan Humanities.