Owner Zie Batik Ajari Mahasiswa Menyusun Proposal Bisnis

Owner Zie Batik, Sasi Syifaurohmi ajari Mahasiswa menyusun proposal bisnis pada Kuliah Kewirausahaan (26/5) beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini adalah bagian dari program yang digodok oleh Divisi Pengembangan Bisnis & Kewirausahaan (DPBK) Universitas Stikubank untuk menginspirasi mahasiswa dalam menjadi entrepreneur.

Sasi yang juga alumni Unisbank yang lulus pada tahun 2016 saat ini mengelola Zie Batik yang bergerak dibidang industri batik warna alami dengan mengusung nilai sustainability, yaitu ramah terhadap manusia, alam dan budaya. produk Zie Batik berupa kain batik, craft dan fashion.

Pada kuliah kali ini, Sasi membagikan pengalamannya dalam menyusun proposal bisnis, terutama untuk keperluan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K). Berbisnis memerlukan tujuan dan perlu mengenali target pasar dan keunggulan kompetitif. Proposal bisnis biasanya memiliki tujuan untuk menggaet investor, serta dapat mengatur strategi perencanaan bisnis.

Dengan membuat kerangka bisnis, kita bisa menganalisa peluang usaha, membuat strategi perusahaan, merumuskan rencana fungsional, membuat proyeksi keuangan dan menyusun bisnis plan. Segmentasi pasar juga diperlukan, berdasarkan pengalamannya di Zie Batik yang menyasar penyuka batik warna alam, bisa diprediksi besarnya peluang menjual batik warna alami. Mahasiswa juga perlu belajar analisa SWOT jika ingin berbisnis.  Sasi juga menyarankan digital marketing untuk membangun Brand Awareness dan meningkatkan Selling. Berbagai media dapat digunakan seperti website, sosial media, email marketing, chat service dan search engine.

Kuliah yang dilaksanakan secara online ini diikuti oleh mahasiswa peserta mata kuliah “Mentoring Business” dari berbagai program studi di Universitas Stikubank. Tujuan adanya mata kuliah tersebut adalah untuk membekali mahasiswa agar dapat mengelola bisnis yang ditekuninya atau usaha yang dirancang pada masa depan. Pada akhir kuliah ini, nantinya mahasiswa akan diharuskan untuk menyusun bisnis sesuai passion mereka. Yang terbaik dari mereka akan mendapatkan penghargaan sebagai Wiramuda Unisbank pada saat wisuda nanti.