Era revolusi industri 4.0 membuat kita tidak asing lagi mendengar kata digital dan digitalisasi. Digitalisasi merupakan proses di mana membuat arsip dokumen dengan format digital. Salah satu pekerjaan yang terdapat di bidang ini ialah Digital Marketer.
Digital marketer adalah salah satu profesi penting di sebuah perusahaan, karena itu memiliki skill digital marketing diperlukan untuk bisa memahami bidang ini secara menyeluruh. tidak hanya memiliki tugas untuk meningkatkan penjualan, tapi juga diharuskan memiliki skill digital marketing lain, seperti promosi, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.
Buat yang tertarik untuk bekerja di bidang ini, tapi tidak tahu apa saja skill digital marketing yang diperlukan, mari kita bahas apa saja yang harus disiapkan.
Hard Skill Digital Marketing
Hard skill digital marketing pastinya berhubungan dengan keterampilan teknis. Keterampilan teknis di sini yaitu memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan teknologi tertentu, seperti analisis data, Search Engine Optimization, dan Google Analytics.
-
Strategi konten
Konten Digital marketing dapat melalui teks, gambar, video, atau bahkan audio. Untuk memudahkan penerapan konten, seorang digital marketer setidaknya memahami contoh-contoh tersebut.
Meski demikian, tak banyak digital marketer yang memahami konten. Padahal, skill digital marketing satu ini tidak hanya berdampak terhadap sisi keuangan, tapi juga citra sebuah perusahaan di mata masyarakat.
-
Analisis data
Menganalisis data menjadi salah satu skill digital marketing yang dibutuhkan saat ini. Hal ini dikarenakan analisis data adalah bagian paling dasar untuk seorang digital marketer dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Proses analisis data dilakukan melalui bantuan divisi lain, semisal tim data atau sales. Data yang didapatkan akan dioleh, dengan menggunakan Excel atau tools lain, untuk menjadi sebuah analisis deskriptif atau data visual.
-
Promosi dan pemasaran
Secara teori dua hal ini adalah proses utama dari segi marketing. Tanpa promosi dan pemasaran yang baik, akan sulit untuk sebuah produk atau layanan memenangi persaingan bisnis di pasarnya. Cara yang banyak digunakan untuk hal ini bisa menggunakan bantuan perangkat lunak untuk mengatur bagaimana promosi dan pemasaran dijalankan.
-
Search Enggine Optimization (SEO)
Pembahasan Digital Marketing tak lepas dari SEO, SEO merupakan elemen terpenting pada digital marketing yang paling awal muncul, tepatnya pada saat ada website. Digital marketer mengotak atik SEO agar website masuk di halaman pertama mesin pencarian google. hal itu membuat lebih banyak netizen yang mampir mengunjungi website.
Salah satu hal yang dilakukan ketika mengotak-atik SEO itu adalah riset kata kunci. Riset sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat kesulitan suatu kata kunci. google keyword planner akan sangat berguna untuk riset tersebut. dan perlu diketahui dunia SEO akan terus berkembang. Sebab, kompetisi di setiap harinya semakin ketat. ditambah lagi google sering mengeluarkan algoritma terbaru. dan dituntut untuk adaptif dan up to date.
Soft Skill Digital Marketing
Soft skill digital marketing berhubungan dengan atribut personal.
Hal tersebut diukur saat seorang digital marketer berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.
-
Mampu menciptakan hubungan baik
Membangun hubungan adalah komponen yang sangat besar dari digital marketing. Untuk soft skill ini, membutuhkan kepribadian khusus. Contohnya adalah mau menerima kritik dan menyampaikan saran dengan pertimbangan.
Dengan memiliki hubungan yang baik terhadap siapa pun, seorang digital marketer tidak cuma dilihat sebagai sosok berpengaruh saja, tapi juga yang lain. Misalnya seperti klien hingga vendor pemasaran, karena itulah membangun hubungan baik merupakan skill digital marketing yang dibutuhkan.
-
Keinginan untuk mendengar dan belajar
Keinginan terus belajar sangat diperlukan dalam banyak bidang. Tanpa terkecuali di dunia digital marketing. Kebutuhan seperti itu menjadi sangat penting, dikarenakan perubahan zaman bergerak amat cepat dan siapa yang tidak mau mendengar dan belajar agar tidak ketinggalan.
Kemampuan mendengar dan belajar bisa diasah melalui diskusi. Dalam diskusi, coba untuk selalu mendengarkan pernyataan orang lain. Jika pendapat tersebut tidak cocok, minta izin untuk berbicara dan sampaikan keberatan secara jelas dan sopan.
- Digital marketer butuh intuisi yang tajam
Seperti dibahas sebelumnya, digital marketer harus memiliki inisiatif dalam melakukan pemasaran secara modern. Dalam kasus ini, intuisi adalah kemampuan penting karena akan berdampak terhadap satu kondisi lain.
Berbeda dengan soft skill digital marketing lainnya, intuisi bisa ditingkatkan dan disesuaikan dengan pengalaman. Ketika mereka belajar lebih banyak tentang target pasar dan industri, mereka tentu akan memiliki lebih banyak perspektif.