Networking Untuk Kamu Yang Introvert

Networking jadi salah satu cara meraih kesuksesan di dunia kerja. Meski memperluas relasi kini bisa dilakukan secara online semisal lewat media sosial seperti Linkedin, akan tetapi berkenalan secara langsung dianggap masih jadi cara efektif. Sederhana saja, orang bisa menilai langsung kualitas yang kita punya.

Tidak banyak orang mudah dalam melakukan networking, salah satunya adalah orang dengan kepribadian yang cenderung introvert. Introvert biasanya lebih suka menyendiri karena dengan sendirian Ia merasa bisa recharge energi. Hal itu dikarenakan ketika berada di antara banyak orang, introvert cenderung cepat kehabisan energi.

Beberapa manfaat, seperti untuk networking, membangun relasi, menambah teman, dan masih banyak lagi. Meski sulit, untuk bersosialisasi dan adaptasi dengan lingkungan tetap penting. Maka, ada sejumlah tips networking bisa diterapkan pada introvert.

  • Lakukan Persiapan

Tips satu ini bisa efektif bagi para introvert agar tidak kebingungan saat hendak membangun obrolan dengan orang baru dikenal. Kamu bisa menyiapkan sejumlah obrolan menarik hingga pertanyaan seru sekiranya bisa memancing lawan bicara untuk banyak bercerita.

  • Fokus Pada Kelebihan Yang Kita Miliki

Seorang introvert cenderung memiliki kemampuan mendengarkan yang lebih baik. maka dari itu, manfaatkan kemampuan itu untuk melakukan networking. Dengan menjadi pendengar yang baik, orang lain akan merasa senang dan dihargai sehingga akan membantu kamu memiliki hubungan yang baik.

  • Tetap Rileks

Tenang, tidak harus jadi orang yang menyapa lebih dulu. bisa dengan menunggu disapa terlebih dulu. Jangan lupa, hindari kesan ketus, bahkan marah. Coba untuk tersenyum, alih-alih berdiam di pojok ruangan, apalagi, jika kamu melakukannya sambil membuka gadget. Tunjukkan juga sikap terbuka dan hangat. Bisa saja, ada orang yang menyapamu lebih dulu. Meski sulit, coba bisa diterapkan sebagai tips networking untuk introvert, mencoba dibiasakan nantinya akan bisa dengan sendirinya.

  • Tidak Ada Salahnya Mengajak Teman

Sebagai bentuk latihan, tidak ada salahnya mengajak teman untuk ikut mendatangi sebuah pertemuan untuk berjejaring. Seorang teman bisa menjadi backup untuk membantu sekaligus menjadi support system untuk membangun koneksi dengan orang lain.

  • Networking Secara Online

Jika dirasa tidak nyaman saat harus bertatap muka dengan orang-orang baru maka alternatif lain bisa dicoba secara online. Misalnya dengan membangun profil LinkedIn dengan baik lalu cari orang-orang baru di sana, bahkan bisa untuk sekaligus mencari kesempatan kerja baru lebih baik.