Refresh Materi Machine Learning, FTII Unisbank Menggelar Pelatihan Bersama EPAM

Untuk refresh materi Machine Learning, FTII Unisbank baru-baru ini menggelar pelatihan bersama EPAM Internasional. Pelatihan yang diselenggarakan secara online tersebut dilaksanakan mulai pada Selasa (24/01/2023) hingga Selasa (31/01/2023).

Pelatihan diikuti oleh Dosen-Dosen Fakultas Teknologi Informasi Dan Industri yang terdiri dari tiga program studi, yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Industri. Narasumber dari EPAM Internasional, Mega Bagus Herlambang, S.T., M.T, Ph.D memberikan pelatihan Machine Learning, pemanfaatan Orange dan Tableau.

Machine Learning dan Data Mining adalah mata kuliah unggulan di Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi, sehingga penguatan dan refresing materi untuk Dosen sangat diperlukan. Machine Learning adalah cabang ilmu komputer dan statistik yang mempelajari metode untuk membuat sistem yang dapat belajar dari data dan meningkatkan performanya tanpa diberikan instruksi atau program yang spesifik. Ini menggunakan algoritma yang dapat membuat generalisasi dari data input untuk membuat prediksi atau pengambilan keputusan tentang data baru.

Sedangkan Orange adalah perangkat lunak open source untuk data mining dan analisis prediktif. Software ini menyediakan lingkungan visual interaktif untuk membuat skrip dan memvisualisasikan hasil analisis data. Orange menawarkan berbagai alat dan widget untuk data preprocessing, pemodelan, dan visualisasi, dan dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna dengan beragam tingkat keahlian.