Keuntungan Pilih Jurusan Sastra Inggris, Prospek Kerja Dan Gajinya

Banyak orang yang beranggapan sarjana sastra khususnya sastra inggris tidak memiliki banyak peluang kerja padahal peluang kerjanya sangat banyak di berbagai bidang, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional serta lulusannya sangat fleksibel bekerja pada berbagai bidang.
Kuliah jurusan bahasa Inggris akan mengasah keterampilan-keterampilan penting untuk dunia kerja seperti meneliti, menganalisa kata-kata, berpikir kritis, membaca teks, berkomunikasi secara efektif. Keterampilan-keterampilan tersebut sangat dicari perusahaan di era digital ini, banyak perusahaan yang memerlukan karyawan yang ahli dan memahami seni berbicara, bahasa, dan komunikasi secara dalam.
Alasan harus memilih jurusan Sastra Inggris:

  • Lulusan jurusan Sastra Inggris semakin dicari perusahaan karena semakin banyak perusahaan nasional yang menyajikan konten dalam bahasa Inggris.
  • Jurusan Sastra Inggris tidak membatasi kamu untuk bekerja di satu bidang saja
  • Prospek kerja sangat luas, mulai dari bidang pendidikan, pariwisata, bisnis, media, hukum, hingga IT.
  • Membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih kritis, terbuka, dan kreatif

Universitas Stikubank Semarang terdapat jurusan S1 Sastra Inggris yang tidak perlu di ragukan lagi dalam segi pengajar, biaya dan fasilitas. Apa aja sih prospek kerja Sastra Inggris? yuk simak prospek kerja dan kisaran kerja berikut ini.

Penerjemah

Seorang translator (penerjemah tertulis) bertugas untuk menerjemah karya tulis berupa novel, cerita pendek, buku cerita anak, dokumen, dll. Selain itu, kamu juga bisa menjadi penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen legal, finansial, akademis, dll. Sedangkan interpreter bertugas untuk menerjemah bahasa Inggris secara lisan untuk pemerintah, pertemuan antar negara, perusahaan swasta, rumah sakit, sekolah.
Terdapat Sertifikat Ujian Kualifikasi .Penerjemah (UKP) untuk penerjemah tersumpah, konsentrasi yang tinggi, dan ketelitian. Gaji yang akan di peroleh seorang penerjemah berkisar Rp 5.000.000 – Rp 7.000.000 per bulan di perusahaan nasional. Besaran gaji tergantung perusahaan asing.

Editor

Membaca dan merevisi tulisan berupa majalah, artikel situs web, buku, dokumen, naskah, koran, dll. Biasanya seorang editor akan merevisi tata bahasa, flow, layout, ejaan, dan keakuratan data/fakta pada hasil tulisan, serta memastikan bahwa karya tulis bukan hasil menjiplak.
Seorang Editor Mampu mengoperasikan Microsoft Office, memiliki pengalaman sebagai penulis/jurnalis/reporter, memiliki pengetahuan dalam bidang tertentu (olahraga, sains, bisnis, seni, dll.), kemampuan menulis, menguasai tata bahasa, kreativitas, manajemen waktu, ketelitian, kesabaran, logika, dan imajinasi. Untuk kisaran Gaji: Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan.

Tour guide

Selanjutnya prospek kerja Sastra Inggris yaitu sebagai tour guide atau dikenal sebagai pemandu wisata. Para pelancong yang baru pertama kali datang ke Indonesia tentunya akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, celah itu bisa kamu manfaatkan sebagai mata pencaharian.
Selain bisa membantu orang lain, menjadi tour guide juga memungkinkan kamu untuk traveling di saat yang bersamaan. Malah gak jarang kamu dibayarin makan dan masuk ke tempat wisata oleh para pelancong tersebut. Kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 jutaan per bulannya, tergantung jumlah panggilan yang didapat.

Guru / Dosen

Mengajar bahasa Inggris di sekolahan, tempat kursus, universitas, atau online. Pengajar bahasa Inggris juga bertugas untuk membuat suasana kelas yang aman, edukatif, dan menyenangkan. Selain mengajar bahasa Inggris, kamu juga bisa mengajar bahasa Indonesia kepada orang asing. Seorang pengajar juga bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengembangkan kurikulum pelajaran. Kisaran Gaji yang akan di dapat Rp 3.000.000 – Rp 4.000.000 per bulan.
(Dari berbagai sumber)