Ini Dia Prospek Kerja Progdi Keuangan Perbankan

Program Studi Keuangan dan Perbankan mempelajari ilmu tentang keuangan, khususnya pengelolaan keuangan di sektor perbankan. Tenaga profesional di bidang Keuangan dan Perbankan akan terus dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha. Dalam bidang keuangan, kamu akan diajarkan bagaimana caranya berinvestasi. Sementara pada bidang perbankan, kamu akan diajarkan memahami proses bisnis dari bank atau secara keseluruhan sehingga lulusannya memiliki kompetensi di bidang perbankan.
Prospek kerja untuk lulusannya sangat terbuka lebar karena Industri perbankan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi. Nantinya dapat bekerja sebagai manajer keuangan, manajer investasi, analisis keuangan, analis kredit, konsultan, maupun profesi lainnya yang terkait dengan kegiatan investasi dan keuangan.
Keahlian yang akan di dapat jika mengambil progdi Keuangan Dan Perbankan yaitu: kemampuan analitis konseptual dan teoritis, kemampuan menulis, kemampuan problem solving, kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir rasional dan kemampuan negoisasi. Banyak PTN maupun PTS yang mempunyai Jurusan Keuangan Dan Perbankan, salah satunya Universitas Stikubank Semarang yang sangat terkenal dengan Jurusan D3 Keuangan Dan Perbankan. 
Prospek kerja sendiri ada banyak yaitu:

1. Analis Kredit

Memiliki tanggung jawab sebagai seseorang yang berkompeten untuk melakukan penilaian kredit dengan penuh dedikasi, jujur, objektif, dan sesuai dengan SOP dari bank. Secara spesifik analis kredit dalam bekerja harus mengetahui suatu penilaian berdasar kemampuan khusus dalam penilaian karakter calon peminjam. Apakah memenuhi standar willingness to pay atau dapat diberikan kepercayaan dan jujur dalam membayar tepat waktu. 

2. Account Officer

Bila kamu adalah orang yang supel atau ramah dan persuasif, account officer akan cocok untuk dipilih, karena dalam pekerjaannya akan selalu berhubungan dengan klien. Tugas dari posisi ini antara lain melakukan pengenalan produk suatu perusahaan finansial atau bank yang berupa jasa kredit, pinjaman, deposito, dan juga asuransi. Selain itu, seorang AO sebuah jembatan yang menghubungkan pihak bank dengan para nasabah, karena seorang AO harus selalu menjalin hubungan yang baik dan senantiasa mem-follow up para nasabahnya.

3. Konsultan Keuangan

Selain membuat sebuah startup atau menjadi pegawai, Kamu harus punya cukup nyali untuk membuat suatu konsultan keuangan. Konsultan keuangan adalah orang yang berkompeten untuk memberi nasihat finansial secara profesional. Baik untuk pengelolaan keuangan bagi individu atau perseorangan maupun organisasi. Serta perusahaan yang memiliki tantangan berupa masalah dalam manajemen pinjaman atau hutang, penentuan target keuangan secara long term.