Skip links

Bisnis Bidang Usaha Jasa Pariwisata

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.

Usaha jasa pariwisata merupakan salah satu peluang bisnis potensial di Indonesia. Keindahan alam yang luar bisa disertai keragaman dan keunikan budayanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia karena negara ini memiliki banyak sekali tempat-tempat indah dan menarik untuk dikunjungi dan dari tahun ke tahun, minat wisatawan untuk berlibur ke daerah-daerah yang ada di Indonesia kian meningkat. Hal tersebut bisa terlihat dari adanya pembangunan sarana dan prasarana kepariwisataan seperti pembangunan bandara. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha jasa pariwisata:

  • Bisnis Penginapan atau Homestay

Menyediakan jasa penyewaan tempat tinggal untuk para wisatawan yang berkunjung. Tempat tinggal tersebut tidak harus semewah hotel.

Selama tempat penginapan tersebut menyediakan tempat yang nyaman untuk ditinggali, air bersih, aman dan tentunya biaya penginapan yang terjangkau, otomatis dapat dipastikan banyak wisatawan yang akan memesan tempat tersebut.

  • Bisnis Kuliner

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah, tidak mencicipi kuliner khas yang menjadi kebanggaan daerah tersebut.

Pada awalnya, makanan hanya dijadikan salah satu pelengkap dalam agenda berwisata. Tapi sekarang, hal ini telah menjadi suatu trend dan menjadi salah satu daya tarik wisata di suatu daerah. Kegiatan ini dikenal dengan istilah wisata kuliner.

  • Bisnis Penyewaan Kendaraan

Bisnis sewa kendaraan baik itu kendaraan roda empat dan roda dua, boat, perahu sepertinya sangat masuk akal di daerah yang dekat dengan tempat wisata. Kita bisa memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk berpindah dari tempat wisata yang satu ke tempat yang lain. Ini adalah peluang besar.

  • Bisnis Jasa Penerjemah dan Tour Guide

Komunikasi adalah salah satu cara para wisatawan untuk bisa bersosialisasi dengan masyarakat lokal. Disinilah peran seorang penerjemah sangat dibutuhkan untuk menjadi perantara yang dapat menerjemahkan maksud dari warga daerah tersebut maupun wisatawan sehingga proses komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri, terutama bagi Anda yang mahir dan mengusai beberapa bahasa asing salah satunya bahasa inggris sebagai bahasa internasional atau bisa bekerjasama dengan penyedia jasa tour & travel.

  • Bisnis Penyewaan Perlengkapan

Perlengkapan yang biasanya banyak disewakan adalah perlengkapan untuk menyelam, snorkling dan juga berbagai perlengkapan lainnya sesuai dengan tempat wisata masing-masing. Biasanya pada musim liburan, perlengkapan tersebut banyak disewa untuk menunjang aktivitas dalam menikmati wisata alam yang disediakan.