Skip links

Mahasiswa Perlu Personal Branding? Yuk Kita Bahas.

Di era digital sekarang, membangun personal branding menjadi salah satu keharusan agar bisa mempromosikan diri sendiri, seperti pencapaian atau portofolio yang sudah berhasil diraih. Bagi mahasiswa dan fresh graduate, tidak ada salahnya untuk mulai membangun personal branding untuk membantu mendapat koneksi baru, meningkatkan mutu, sampai membuka lebih banyak kesempatan di dunia kerja maupun profesional. Bisa saja dengan membangun personal branding sebaik mungkin, kamu akan lebih mudah mencapai tujuan karir yang jelas ke depannya.

Manfaat Membangun Personal Branding

Saat kamu mencoba membangun personal branding, ini akan membantumu dalam memperlihatkan berbagai macam hal, mulai dari identitas diri, skill, sampai keunikan yang bisa menjadi value dirimu dan membedakan kamu dengan para pesaing. Membangun personal branding akan membuatmu semakin percaya diri karena kamu sudah paham apa saja yang bernilai dalam diri kamu.

Membangun Networking

Hal paling mudah yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan membangun networking, seperti salah satunya di media sosial. Dari networking yang kamu bangun ini, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, misalnya menemukan teman baru, rekan bisnis, memperluas relasi, sampai membangun komunitas. Selanjutnya, dari networking dengan orang-orang tersebut bisa membuka luas peluang profesional, salah satunya peluang kerja yang bagus. Hal ini bisa menguntungkan bagi kamu yang masih mahasiswa atau fresh graduate supaya bisa lebih mudah mencari pekerjaan pertama dan memulai karir.

Berfokus Pada Tujuan

Selagi kalian masih menjadi mahasiswa perbanyaklah melakukan hal baru, jangan pernah takut untuk mencoba, karena siapa tau kemampuan itulah yang mengantarkan kalian ke gerbang kesuksesan.

Tentukan keahlian yang ingin kalian ambil dan berfokuslah pada bidang tersebut, karena orang lain akan memperhatikan apa yang kalian lakukan. Mulailah konsisten dan tekun membangun Personal Branding niscaya kalian akan dikenal sebagai profesional pada bidang yang kalian tonjolkan.

Manfaatkan media sosial dengan baik

Di era digital saat ini, yang paling berpengaruh dalam melakukan personal branding adalah melalui media sosial. Sebagian besar mahasiswa setelah selesai, tentu saja ingin mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Banyak perusahaan  yang mencari karyawan dengan cara mencari tahu para kandidat yang melamar di perusahaannya melalui media sosial kandidat. Jadi tak ada salahnya jika mempersiapkan itu dari sekarang. Hal itu juga berlaku bagi yang ingin berbisnis, membangun start up ataupun menjadi konten kreator. Mereka bisa mendapat kepercayaan atau kredibilitas dari personal branding yang telah dibangun. Misalnya, ketika ingin berbisnis di dunia fashion, ia telah lama menunjukkan ketertarikannya di dunia fashion dengan memposting hal-hal yang berkaitan dengan itu. Perlu diingat, apapun yang ditinggalkan di media sosial, akan menjadi jejak  yang bisa dinilai orang lain.