PEMILIHAN MEKANIK TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA TOYOTA AUTO2000 CABANG CILEDUG

  • Muslim Rohadi
  • Lis Suryadi

Abstract

Toyota Auto2000 Cabang Ciledug yang beralamat di jl. Ciledug Raya no. 16 Petukangan Selatan, Jakarta selatan adalah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif yang meliputi penjualan mobil baru, perawatan dan perbaikan serta penjualan sparepart mobil Toyota. Pada proses pemilihan mekanik terbaik masih menggunakan microsoft axcle dan belum menggunakan metode, sehingga mengalami kesulitan saat mengambil keputusan untuk memilih mekanik terbaik jika hasil akhir nilai mekanik sama. Untuk itu penulis menciptakan sebuah sistem penujang keputusan yang berbasis komputer menggunakan metode TOPSIS. Metode TOPSIS dipilih karena konsepnya simpel dan mudah dipahami. Sistem yang dibangun berbasis desktop dengan Microsoft Visual Studio 2008 dan database MySQL. Tujuan penulisa ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dialami Auto2000 Cabang Ciledug dalam pemilihan mekanik terbaik, sehingga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

References

[1] Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Yogyakarta, Andi, 2007.
[2] Majid, A., “Perancangan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kopetensi Guru”, Bandung, Remaja Posda Karya, 2006.
[3] Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Yogyakarta, Andi, 2007.
[4] Kusumadewi, S., Hartati, S,. Harjoko, A., & Wardoyo, R., “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM)”, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2006.
[5] Rustiawan, A. H., Destiani, D., & Ikhwana, A., SISTEM PENDUKUNG KEPUTSUAN PENYELEKSIAN CALON SISWA BARU DI SMA NEGRI 3 GARUT. “Jurnal Algoritma”, 2012.
memberikan tada V pada nomer mekanik yang dipilih sebagai kandidat mekanik terbaik.
Gambar 37. Hitung TOPSIS
Gambar 11 adalah tampilan input nilai mekanik. Masukkan nilai mekanik dengan hati-hati dan pastikan nilainya benar, agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pemilihan mekanik terbaik.
Gambar 12 adalah tampilan hitung topsis. Pilih tahun penilaian, kemudian klik pada tab menu untuk melihat proses hitung menggunakan metode topsis. Untuk menyimpan hasil akhir klik tombol Simpan Hasil Akhir.
Gambar 13. Keluaran Nilai Mekanik
Gambar 13 adalah tampilan pengambilan keputusan. Pilih tahun penilaian maka akan muncul ranking dan nilai mekanik, pilih mekanik terbaik dengan nilai yang paling tinggi. Kemudian klik Simpan.
Gambar 14 menunjukkan laporan nilai mekanik yang mengikuti penilaian. Sebagai bukti bahwa nilai yang dimasukkan sesuai dengan nilai yang diperoleh.
Gambar 14. Keluaran Mekanik Terpilih
Gambar 14 menunjukkan laporan mekanik terpilih. Ditampilkan rangking dari hasil akhir penilaian menggnakan metode TOPSIS sebagai informasi kepada mekanik untuk mengetahui rangking mereka.
Proceeding SINTAK 2019 ISBN: 978-602-8557-20-7
552
[6] Pami, Setya, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE PROMETHEE (STUDI KASUS: PT. KARYA MANDIRI ABADI), “Jurnal Pelita Informatika”, Volume 16, 2017.
[7] Ikmah, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN DOSEN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS, “Jurnal Telematika”, 2016.
[8] Pressman, R.S., “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I”, Yogyakarta, Andi, 2015.
[9] Gaspersz, Vincent & Avanti, Fontana, “Integrated Management Problem Solving”, Bogor, Vinchristo Publication, 2011.
[10] Sukamto, R. A., & Salahudin, M., “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”, Bandung, Informatika Bandung, 2014.
[11] Whittenn, Jeffrey L., & Bentley, Lonnie D., “System Analysis & Design Methods Seven Edition”, New York, McGraw-Hill, 2007.
[12] Latiansah, Sena, “Pengertian User Interface”, Jakarta, PT. Elex Media, 2012.
Published
2019-12-06
How to Cite
Rohadi, M., & Suryadi, L. (2019). PEMILIHAN MEKANIK TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA TOYOTA AUTO2000 CABANG CILEDUG. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7645
Section
Vol 3 (2019)