PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI BUKU PADA KATALOG PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTENT-BASED FILTERING DAN ALGORITMA FP-GROWTH

  • Hari Murti
  • Endang Lestariningsih
  • Sugiyamta .

Abstract

Rekomender sistem mulai jamak diimplementasikan seiring dengan berkembangnya media dan aktifitas berbasis online atau Internet, menggunakan aplikasi web atau mobile. Sistem rekomendasi biasanya merupakan fitur tambahan suatu program aplikasi. Proses menentukan dan menganalisa pola peminjaman buku di perpustakaan oleh mahasiswa dapat dilakukan dengan menyusun aturan asosiasi. Di dalam data mining, untuk menyusun aturan asosiasi dapat menggunakan pendekatan content-based filtering dan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth). Pada penelitian ini menerapkan pendekatan content-based filtering dan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) untuk menentukan pola peminjaman buku pada perpustakaan di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang. Aturan asosiasi dapat dimanfaatkan untuk memilih buku-buku yang akan ditampilkan pada katalog perpustakaan yang disesuaikan dengan data riwayat peminjaman buku pengguna.

References

[1] Aggarwal, C.C., 2016, Recommender Systems The Textbook, Springer.
[2] Falk, K., 2019, Practical Recommender Systems, Manning.
[3] Suyanto, 2017, Data Mining untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data, Penerbit Informatika, Bandung.
[4] Rokhim, A., Saikhu, A., 2016, Sistem Rekomendasi Buku pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Metode Collaborative Filtering pada SMKN 1 Bangil, Jurnal SPIRIT , Vol 8 No 2 Nopember 2016 hal 43-46.
[5] Prasasti, M., Saptono, R., Winarno, 2017, Sistem Rekomendasi Peminjaman Buku di UPT Perpustakaan UNS dengan Metode Item-based Collaborative Filtering dan Rating Implisit, Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK) 2017 hal 280-287.
[6] Parwita, W.G.S., Swari, M.H.P, Welda, 2018, Perancangan Sistem Rekomendasi Dokumen dengan Pendekatan Content-Based Filtering, CESS (Journal of Computer Engineering System and Science) , Vol. 3 No. 1 Januari 2018 Hal. 65-74.
[7] Badriyah, T., Fernando, R., Syarif, I., 2018, Sistem Rekomendasi Content Based Filtering Menggunakan Algoritma Apriori, Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, Hal 554-559.
Published
2019-12-06
How to Cite
Murti, H., Lestariningsih, E., & ., S. (2019). PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI BUKU PADA KATALOG PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTENT-BASED FILTERING DAN ALGORITMA FP-GROWTH. SINTAK, 3. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7643
Section
Vol 3 (2019)