IMPLEMENTASI METODE FUZZY SAW UNTUK PEMILIHAN LAPTOP PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS WEB

  • Tri Puji Hastuti
  • TH. Dwiati Wismarini

Abstract

Keberadaan laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat dalam kegiatan sehari – hari, mulai dari pekerjaan kantor hingga tugas kuliah. Namun bukan hal mudah dalam memilih laptop yang diinginkan konsumen dikarenakan banyaknya merek dan tipe laptop yang ditawarkan sehingga konsumen merasa kebingungan dalam memilih laptop. Mulai dari harga yang bervariasi hingga beragam spesifikasi pada laptop. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkanlah Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW), sebagai metode yang dapat digunakan dalam masalah Fuzzy Multi Atribut Decision Making (Fuzzy MADM). Adapun metode Fuzzy SAW untuk pemilihan laptop ini, diimplementasikan pada Sistem Pendukung Keputusan Berbasis WEB dengan cara pemberian nilai bobot untuk setiap kriteria yang ditentukan, kemudian ditentukanlah nilai normalisasi dari perhitungan nilai kriteria dibagi dengan nilai maximum setiap kriteria dan selanjutnya dilakukan perhitungan untuk menentukan nilai perangkingan alternatif dan dengan proses perangkingan, akan menyeleksi alternatif yang terbaik dari sejumlah alternatif yang ada untuk menentukan jenis laptop mana yang terbaik berdasarkan kriteria - kriteria yang telah ditentukan. Maka Metode Fuzyy SAW yang diterapkan pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop berbasis WEB berguna dalam memaksimalkan keputusan yang akan diambil.

References

[1] Nugraha, P. B. (2009). Penjualan PC stagnan, penjualan laptop melaju kencang. [Online]diakses 23 April 2010. http://www.kabarbisnis.com/teknologi.html.
[2]. Sanyoto, G. P., Handayani, R. I., & Widanengsih, E. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode Ahp (Studi Kasus : Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 167–174.
[3]. Syafitri, N. A., Sutardi, & Dewi, A. P. (2016), Penerapan metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web. SemanTIK, 2(1), 169–176.
[4]. Hartanto, T., & Prasetiyowati, M. I. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus : SAMCO COMPUTER ). ULTIMATICS, IV(2), 7–15.
[5] Alfa , S., Sari, R. E. & Kurniawan, H., 2014. Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Menentukan Kualitas Kulit Ular Untuk Kerajinan Tangan.. Seminar Nasional Informatika 2014, pp. 18-23.
[6] Permana, S. D. H. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Dan Jaringan Yang Terfavorit Dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(1), 11-19.
[7]. Prabowo, S. D., & Setiawan, E. B. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Revitalisasi Terhadap Bangunan dan Kawasan Cagar Budaya Kota Bandung di Disbudpar Kota Bandung. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 2(2).
[8]. Sanusi, A. (2015), Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Fuzzy SAW Untuk Penilaian Kinerja Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal. http://eprints.dinus.ac.id/15290/1/jurnal_15318.pdf, [Online] diakses 23 Agustus 2019
[9] Saleh, A., Sari, R. E., & Kurniawan, H. (2014). Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) dalam menentukan kualitas kulit ular untuk kerajinan tangan (Studi Kasus : CV. Asia Exotica Medan, 18–23.
[10]. Aini, B. N., Bagus, I., Widiartha, K., & Afwani, R. (2017). Implementasi Metode Logika Fuzzy Simple Additive Weighting ( SAW ) dalam Pencarian Rumah Kos Terbaik di Sekitar Universitas Mataram Berbasis Website, 1(1), 41–45.
[11] Method, F. (2016). Penerapan Metode SAW dan Fuzzy Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa in Decision Support System Scholarship, 3(2), 89–101.
Published
2019-12-06
How to Cite
Hastuti, T., & Wismarini, T. (2019). IMPLEMENTASI METODE FUZZY SAW UNTUK PEMILIHAN LAPTOP PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS WEB. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7642
Section
Vol 3 (2019)