IMPLEMENTASI TOPSIS DENGAN USER KRITERIA DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR SPORT

  • Muhammad Bayu Suseno
  • Felix Andreas Sutanto

Abstract

Motor sport sekarang ini menjadi salah satu pilihan para pengendara sepeda motor. Karena banyaknya jenis sepeda motor sport yang ditawarkan pabrikan, hal ini membuat calon pembeli menjadi bingung sepeda motor sport mana yang akan dipilih. Dengan membuat sistem pendukung keputusan pemilihan sepeda motor sport, diharapkan dapat membantu konsumen dalam menentukan pilihan sepeda motor sport yang akan dibeli dengan tepat dan cepat. Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah Technique for Others Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP dan database MySQL. Pemilihan sepeda motor sport disesuaikan dengan budget yang disediakan oleh konsumen. Proses TOPSIS menggunakan kriteria kapasitas mesin (cc), berat motor dan tinggi motor berdasarkan range harga yang diberikan oleh konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah saran dalam menentukan pilihan sepeda motor sport yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan konsumen. Konsumen akan diberikan solusi ideal dalam memilih sepeda motor sport berdasarkan inputan range harga yang diberikan oleh konsumen.

References

[1] Putra, Dede Wira Trise & Epriyano, M., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Jenis Sport 150cc berbasis Web menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP), Jurnal TEKNOIF, Vol.2, No.5, Oktober, pp. 16-24.
[2] Pardede, Vinalia. (2013) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Bermotor dengan menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution, Pelita Informasi Budi Darma, Vol.1, No.4, Agustus, pp. 130-135.
[3] Sari, Linda Purnama. (2013) Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Merk dan Tipe Sepeda Motor berbasis Web dengan Metode TOPSIS, Pelita Informatika Budi Darma, Vol.3, No.4, Agustus, pp.78-82.
[4] Chamid, Ahmad Abdul. (2016) Penerapan Metode Topsis untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah, Jurnal SIMETRIS, Vol.2, No,7 November, pp. 538-539.
Published
2019-12-06
How to Cite
Suseno, M., & Sutanto, F. (2019). IMPLEMENTASI TOPSIS DENGAN USER KRITERIA DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR SPORT. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7640
Section
Vol 3 (2019)