DAMPAK PENGGUNAAN PINJAMAN ONLINE TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA YOGYAKARTA

  • Nadia Magdalena Margaretha Sihombing
  • Nikolaus Edi Suryanto
  • Michael Mahameru
  • Muhamad Rafli Setiawan
  • Elisabeth Marsella, S. S., M. Li

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan aplikasi Cicil terhadap tingkah laku atau perilaku konsumtif mahasiswa di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara kepada mahasiswa yang menggunakan aplikasi Cicil. Cicil merupakan aplikasi pinjaman dana secara online atau pembayaran secara cicilan tanpa menggunakan kartu kredit yang diberikan kepada mahasiswa. Aplikasi ini memudahkan setiap mahasiswa yang ingin meminjam dana untuk kegiatan perkuliahannya atau ingin membeli barang secara online tetapi tidak memiliki cukup dana sehingga melakukan pembayaran dengan cara menyicil dengan jumlah bunga dana tertentu, tergantung lama periode mahasiswa tersebut memilih waktunya. Dikarenakan penggunaan Cicil yang menarik minat mahasiswa, tentu berefek pada tingkah/perilaku dari mahasiswa tersebut, baik itu secara positif maupun negatif. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi Cicil dapat berdampak bagi kebiasaan hidup konsumtif.

References

[1]. Onlinepajak, 2018, Definisi dan Latar Belakang Pinjaman Online, https://www.online-pajak.com/pinjaman-online#targetText=Pinjaman%20online%20adalah%20fasilitas%20pinjaman, biasa%20dikenal%20dengan%20sebutan%20fintech.&targetText=Masyarakat%20tak%20perlu% 20lagi%20mendatangi,secara%20langsung%20untuk%20mendapatkan%20pinjaman.
[2]. Warsito, H., 1992, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta, Gramedia.
[3]. Wahyudi, 2013, Tinjauan Tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Samarinda Central Plaza, eJournal Sosiologi, 1, 4, 26 – 36.
[4]. Rahmat Syah, Deni., 2011, Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru, (Studi Kasus: Uang Elektronik Kartu Flazz BCA), Universitas Indonesia.
[5]. Ferry, Setyo., Rosmauli, Dede., Wibowo, dan Sahud, Asep., 2015, Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur layanan & Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money card (Studi pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta), JRMSI, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 6. No.1 hal: 440-456.
[6]. Finansialku, 2018,. Definisi Fintech Adalah, http://www.finansialku.com/definisi- fintech-adalah/.
[7]. Kim, Yonghee, dkk., 2016, The Adoption of Mobile Payment Services for “Fintech”, https://pdfs.semanticscholar.org/2c96/8789b918883f6f189943f325b44aa69c9b9c.pdf.
[8]. Anggraini, Ranti Tri., dan Santhoso, Fauzan Heru., 2017, Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja, Gadjah Mada Journal of Psychology: Yogyakarta, Volume. 3, Nomor. 3, 131-140, ISSN: 2407-7798, https://jurnal.ugm.ac.id/gamajop/article/view/44104/23971.
[9]. Widowati, Hari., 2019, Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia.
[10]. Kompas.com, 2018, Jumlah Pembeli “Online” Indonesia Capai 11,9 Persen dari Populasi, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/07/164100326/jumlah-pembeli-online-indonesia-capai-119-persen-dari-populasi.
[11]. Kompas.com, 2018, 80 Persen Konusmen Belanja Online Orang Muda dan Wanita, https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/155001820/80-persen-konsumen-belanja-online-orang-muda-dan-wanita.
[12]. Sinaga, Natalin., 2018, Cicil, Akses Cicilan Ringan Untuk Mahasiswa, Tribun Medan: Sumatra Utara, https://medan.tribunnews.com/2018/04/26/cicil-akses-cicilan-ringan-untuk-mahasiswa-indonesia
[13]. Sumartono, 2002, Terperangkap dalam iklan, Bandung: Alfabeta.
Published
2019-12-06
How to Cite
Sihombing, N., Suryanto, N., Mahameru, M., Setiawan, M., & Marsella, S. S., M. Li, E. (2019). DAMPAK PENGGUNAAN PINJAMAN ONLINE TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA YOGYAKARTA. SINTAK, 3. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7638
Section
Vol 3 (2019)