ANALISIS PENGARUH BERITA DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

  • Ax’l Dimitri Josua T.
  • Benjamin Kusumaharjo B.
  • Jody Frans R.
  • Herlina .

Abstract

Kelompok pengguna internet terbesar saat ini adalah kelompok usia 19-34 tahun. Mayoritas dari pengguna internet merupakan pengguna media sosial juga. Salah satu fungsi dari media sosial yaitu untuk melakukan penyebaran informasi. Akaan tetapi tidak semua informasi yang ada di media sosial dapat dipastikan kebenaran beritanya. Banyak juga berita yang tersebar di media sosial dapat mempengaruhi persepsi seseorang dengan tujuan yang berbeda-beda. Berita di media sosial dapat menimbulkan berbagai macam persepsi seperti kebencian, perpecahan, dan mampu mempengaruhi suasana hati. Kewaspadaan dan kebijaksanaan dalam penggunaan media sosial terutama dari kalangan muda tentu sangat diperlukan dalam memilah berita. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah ada pengaruh berita yang tersebar di media sosial terhadap persepsi mahasiswa FTI UAJY dengan jumlah responden sebanyak 96 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita di media sosial mampu mempengaruhi persepsi mahasiwa terhadap penyebaran berita yang dalam kasus ini telah ditelti adalah berita hoax.

References

[1] Nursalam (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
[2] Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.
[3] Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.
[4] Pakpahan, R. (2017). Analisis Fenomena Hoax di Berbagai Media Sosial dan Cara Menanggulangi Hoax. Konferensi Nasional Ilmu & Teknologi (pp. 479-484). Jakarta: AMIK BSI Jakarta.
[5] Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Manajemen & Kewirausahaan, 58-70.
[6] Totok Suyanto, Ketut Prasetyo, Prasetyo Isbandono, Ita Mardiani Zain, Iman Pasu Purba, Gading Gamaputra.(2018). Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol 15. No. 1 Tahun 2018 52 -61.
[7] Respati, S. (2017, January 23). Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita "Hoax"? Retrieved from kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2017/01/23/18181951/mengapa.banyak.orang.mudah.percaya.berita. hoax.
[8] Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019 (SENTIKA 2019) ISSN: 2089-9815 Yogyakarta, 13-14 Maret 2019.
[9] Junita. 2018. KAJIAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume II, Nomor III, Desember 2018.
[10] Kartini Kartono. (1989). Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam. Bandung: Mandar Maju.
[11] Saverius Rischo, Damar Kurniaji, Alda Windy, Vidiana, Flourensia Sapty. 2019. Analisis Perilaku Mahasiswa FTI UAJY Dalam Menanggapi Penyebaran Berita Hoax Di Media Sosial.
]12] Totok Suyanto, Ketut Prasetyo, Prasetyo Isbandono, Ita Mardiani Zain, Iman Pasu Purba, Gading Gamaputra.(2018). Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol 15. No. 1 Tahun 2018 52 -61.
Published
2019-12-06
How to Cite
Josua T., A., Kusumaharjo B., B., Frans R., J., & ., H. (2019). ANALISIS PENGARUH BERITA DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. SINTAK, 3. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7634
Section
Vol 3 (2019)