ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE MOBILE TERHADAP KESEHATAN MATA PADA MAHASISWA FTI UAJY

  • Louis Sidabutar
  • Teodorus Adhitya
  • Felix Wong
  • Mateo Rici
  • Yohanes Priadi Wibisono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh game online mobile terhadap kesehatan mata pada mahasiswa fti uajy . Penelitian akan menggunakan metode kuantitatif, menggunakan acuan terhadap teori yang ada, serta menggunakan teknik survei berupa kuesioners online untuk mengumpulkan data dari informan.Game online mobile merupakan video game yang dijalanakan pada perangkat mobile dan terhubung dengan jaringan internet. Game online saat ini sangat berkembang pesat dan banyak jenisnya. Game online mobile sudah menjadi topik yang sering dijumpai ditengah-tengah pergaulan anak muda sekarang. Akibatnya tidak sedikit anak muda yang menghabiskan banyak waktunya untuk bermai game online pada mobile . Sehinga game online mobile dapat berdampak negatif bagi anak muda sepert kesehatan mata. Dengan itu disini kami akan meneliti apakah game online mobile memberikan dampak pada kesehatan mata Mahasiswa FTI UAJY

References

[1] S. Millward, “Indonesia to be world’s fourth-largest smartphone market by 2018,” 2014. [Online]. Available: https://www.techinasia.com/indonesia-worlds-fourth-largest-smartphone-2018-surpass-100-million-users. [Diakses: 29-Oct-2019].
[2] International Data Corporation, “Smartphone OS Market Share,” 2016. [Online]. Available: http://www.idc.com/promo/smartphone-market-share/os. [Diakses: 29-Oct-2019].
[3] Ekawaty, Kuliahna. (2018).“Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Gangguan Kesehatan Mata pada Murid Sekolah Dasar Negeri Percontohan PAM Makassar”. Patria Artha Journal of Nursing Science. Vol. 2, No.2.
[4] Fauziah, E. R. (2013). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku anak SMP Negeri 1 Samboja.
[5] Anies.(2005).Electrical Sensitivity Gangguan Kesehatan Akibat Radiasi Elektromagnetik. Jakarta:PT Elex Media Komputindo; Definition of smartphone.tersedia http://www.oxforddictionar es.com/definition/english/smartphone [Diakses: 29-Oct-2019].
[6] Naibaho, S. H. (2014). Perilaku Remaja Pengguna Game Online
[7] Lazzaro, N. 2004. Why We Play Games: Four Keys to More Emotion Without Story. Player Experience Research and Design for Mass Market Interactive Entertainment. XEODesign Incorporation.. [Diakses: 30-Oct-2019].
Published
2019-12-06
How to Cite
Sidabutar, L., Adhitya, T., Wong, F., Rici, M., & Wibisono, Y. (2019). ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE MOBILE TERHADAP KESEHATAN MATA PADA MAHASISWA FTI UAJY. SINTAK, 3. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7633
Section
Vol 3 (2019)