PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA UAJY

  • Adianto Hardono
  • Arnoud Reinhardt Oscar Sarayar
  • Hans Audianto Kurniawan
  • Richie Agus Donianxon
  • Putri Nastiti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat belajar mahasiswa Sistem Informasi Atma Jaya Yogyakarta. Penggunaan media sosial yang akan diteliti meliputi Youtube, Line, Whatsapp, Facebook, dan Twitter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan datanya dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada pihak yang ingin diteliti. Pihak yang diteliti adalah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada zaman sekarang ini banyak mahasiswa yang menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan seperti untuk bersosialisasi, mencari hiburan, mencari informasi, dan masih banyak lagi. Dengan beragam media sosial yang tersedia, penulis ingin mengetahui apakah media sosial tersebut mempengaruhi minat belajar mahasiswa dan bagaimana media sosial tersebut mempengaruhi mahasiswa dalam belajar. Kesimpulan yang didapatkan dalam hasil penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat belajar mahasiswa di Universitas Atmajaya Yogyakarta.

References

[1] Lipsus, Internet, 2019, Indonesia Digital 2019 : Media Sosial,https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/, diakses tanggal 11 September 2019.
[2] Cahyono, Sugeng, Anang, 2016, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia, http://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/view/79, diakses tanggal 11 september 2019. [3] Miskahuddin, 2017, PENGARUH INTERNET TERHADAP PENURUNAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. No.1, Vol.7,310-311,https://www.researchgate.net/publication/322130724_PENGARUH_INTERNET_TERHADAP_PENURUNAN_MINAT_BELAJAR_MAHASISWA.
[4] Khaeriyah, K, Mahmud, A, 2017, Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Pemanfaatan Internet Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, No.6, Vol.1, 140-149, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13480.
[5] E.D.S.Watie, 2016, Komunikasi dan Media Sosial (Communication and Social Media),” J. Messenger, No. 2, Vol. 3, 69, http://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/270.
[6] D. M. Boyd, N.B.Ellison, 2007, SOCIAL NETWORK SITES: DEFINITION, HISTORY, AND SCHOLARSHIP. J. Comput. Commun., No.1, Vol.13, 210–230, https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x.
[7] A.S.Sutrisno, BP.Sitepu, D.Wijaya, D.D.Supriadi, H.Kristiyono, H.Situmorang, J.Manalu, K.T.Aritonang, L.Hanna, M.K.Sutikno, R.K.Sitanggang, R.Manurung, T.E.Handayani, Y.Miarso, 2007, Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/Tahun ke-7/Juni 2008, No.10, Vol.7, 11-21, http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No10-Thn7-Juni2008.pdf.
[8] N. Simbolon. (2014). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, No.2, Vol.1, 14–19, d.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1323.
[9] A. Burhanuddin, 2013, PENGUMPULAN DATA DAN INSTRUMEN PENELITIAN, https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/05/21/pengumpulan-data-dan-instrumen-penelitian-3, diakses tgl 11 september 2019.
Published
2019-12-06
How to Cite
Hardono, A., Sarayar, A., Kurniawan, H., Donianxon, R., & Nastiti, P. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA UAJY. SINTAK, 3. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7632
Section
Vol 3 (2019)