SISTEM PERAMALAN PERMINTAAN SEBAGAI PENUNJANG ANALISA PENJUALAN OBAT TERNAK

  • Wulandari .
  • Dani Anggoro

Abstract

Object dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan obat-obatan dan vitamin hewan ternak, perusahaan ini mempunyai cabang yang tersebar diwilayah Indonesia. permintaan obat dan vitamin disetiap periode selalu berubah-ubah sehinga perlu adanya sistem yang dapat menganalisa jumlah permintaan periode berikutnya. Permasalah yang dihadapi perusahaan adalah pada periode tertentu jumlah stok menumpuk karena jumlah permintaan sedikit sehingga obat-obatan dan vitamin manjadi expired, hal tersebut disebabkan perusahaan hanya melakukan prakiraan terhadap pengadaan stok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode moving avarage dengan menggunakan parameter kategori obat dan wilayah. Data training yang digunakan tahun 2015, 2016 dan 2017. Sedangkan data Testing adalah data tahun 2018. Hasil Pengujian yang didapat dimana nilai aktual 8125 dan untuk peramalannya 7538 dengan pengujian nilai error MAD 146 menghasilkan nilai akurasi mencapai 92% dari nilai data aktual. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa untuk metode moving average dapat digunakan sebagai penunjang analisa penjualan obat-obatan dan vitamin hewan ternak.

References

[1] D. Anggoro and Wulandari, “FORECASTING DEMAND DENGAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK ANALISA JUMLAH PENJUALAN OBAT TERNAK,” no. November, pp. 1–10, 2019.
[2] Imanuel dkk, “PERBANDINGAN ANTARA METODE MOVING AVERAGE, EXPONENTIAL SMOOTHING, WINTERS DALAM PERAMALAN VOLUME PENJUALAN PT. SATRIAMANDIRI CITRAMULIA BERBASISKAN KOMPUTER,” 2011.
[3] M. F. Alamsyah dan Arnie, “Model Aplikasi Prediksi Penjualan Sepeda Motor Dengan Metode Single Moving Average,” vol. Vol 4 No.2, pp. 779–788, 2015.
[4] Margi dan Pendawa, “METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK PREDIKSI PENJUALAN PADA PERIODE TERTENTU (Studi Kasus : PT. Media Cemara Kreasi) 1,” no. 1998, pp. 259–266, 2015.
[5] V. R. Sutrisno, “Analisis Forecasting untuk Data Penjualan Menggunakan Metode Simple Moving Average dan Single Exponential Smoothing : Studi Kasus PT Guna Kemas Indah,” Forecast. penjualan menggunakan Metod. Mov. Aver. dan single exponential smoothing, 2013.
[6] A. Hartono, “Perbandingan Metode SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING ADJUSTED FOR TREND ( HOLT ’ S METHOD ) Uuntuk meramalkan penjualan Studi kasus : TOKO ONDERDIL MOBIL ‘ PRODI , PURWODADI ,’” MERAMALKAN PENJUALAN., 2012.
[7] Jonnius dan Ali, “Analisis Forecasting Penjualan Produk Perusahaan Pendahuluan,” 2011.
[8] Tjiptono, F. Gregorius, C. Dadi, A.. 2008 “Pemasaran Strategik”,Jilid 1, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Published
2019-12-06
How to Cite
., W., & Anggoro, D. (2019). SISTEM PERAMALAN PERMINTAAN SEBAGAI PENUNJANG ANALISA PENJUALAN OBAT TERNAK. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7627
Section
Vol 3 (2019)