PENERAPAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK

  • Anisa Bekti Lestari
  • Deni Mahdiana

Abstract

Supplier adalah salah satu aspek terpenting dalam suatu perusahaan penyedia jasa konstruksi, karena tanpa adanya supplier maka proses jasa konstruksi tidak akan berjalan dengan baik. Pemilihan supplier yang tepat dapat menekan biaya pembelian dan meningkatkan daya saing perusahaan. CV. Hizkia Tirta Gemilang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor secara umum yang melayani berbagai perusahaan menengah dan perusahaan besar. Masalah yang terjadi dalam perusahaan adalah proses pengiriman produk ke perusahaan lambat, Kemudian tidak adanya kriteria dan pembobotan secara khusus. Serta menghindari pembelian produk berkualitas rendah dengan harga mahal. Berdasarkan kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan, untuk menerapkan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan dan Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk perangkingan dalam pemilihan suplier terbaik. Penelitan ini menghasilkan nilai bobot dari kriteria Kualitas Produk sebesar 54,08%, Pelayanan 13,32%, Lama Pengiriman 28,67%, dan Harga 3,93% dengan pengujian Consistency Index (CI) sebesar 0,0656 dan Consistency Ratio (CR) sebesar 0,0729. Sistem penunjang keputusan yangi dirancang dapat membantu pimpinan untuk mengambil keputusan dalam menentukan supplier terbaik secara obyektif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan CV. Hizkia Tirta Gemilang.

References

[1] R. I. Handayani, dan Y. Darmianti, 2017, “Pemilihan Supplier Bahan Baku Bangunan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Cipta Nuansa Prima Tangerang,” Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. XIV, pp. 1-8.
[2] M. O. Ardiansyah, dan K. Siregar, 2016, “Implementasi Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Analitic Hierarchy Process (AHP) pada SMK Negeri I Rundeng,” Pelita Informatika Budi Darma, vol. XV, pp. 12-18.
[3] N. Sesnika, D. Andreswari, dan R. Efendi, 2016. “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Serba Guna di Kota Bengkulu dengan Menggunakan Metode SMART Berbasis Android” Jurnal Rekursif, vol. 4, pp 30-44.
[4] S. Hansen, Manajemen Kontrak Konstruksi. 2015, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[5] N. Wulandari, 2014, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT. Alfindo Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Jurnal Sistem Informasi, 1(1), pp. 4-7.
[6] R. P. Simanungkalit, P. Moeing, dan S. Adisuwiryo, 2017, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Alternatif Supplier Bahan Baku pada PT. Tesena Inovindo,” Seminar Nasional Cendikiawan, vol. 3, pp. 1-10.
[7] M. Asror, Latipah, dan A. Z. Falani, 2018, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Supplier Mesin Kasir Menggunakan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique),” Jurnal SPIRIT, 10(2), pp. 53-58.
Published
2019-12-05
How to Cite
Lestari, A., & Mahdiana, D. (2019). PENERAPAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7604
Section
Vol 3 (2019)