PERANCANGAN MODEL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MENGGUNAKAN DATA WAREHOUSE UNTUK ANALISIS JASA PENGIRIMAN BARANG STUDI KASUS : PT. XYZ

  • Agus Umar Hamdani
  • Ibnu Sadam

Abstract

PT. XYZ adalah sebuah anak perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang yang berada di Kota Tangerang. Pengolahan data transaksi pengiriman barang sudah dilakukan secara terkomputerisasi, meskipun hanya sebatas penggunaan aplikasi order pengiriman dan pembayaran. Dikarenakan sistem belum terintegrasi dengan baik mengakibatkan informasi yang dihasilkan kurang tersaji dengan lengkap dan akurat sehingga pihak manajemen mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan terkait jasa pengiriman barang. Adapun permasalahan yang dihadapi saat ini, antara lain : kesulitan mengetahui informasi order pengiriman, kesulitan mengetahui informasi pendapatan perusahan sehingga tidak diketahui tren kinerja layanan jasa pengiriman barang. Berdasarkan kondisi diatas, maka peneliti melakukan analisis permasalahan yang terjadi, mengidentifikasi kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen, serta merancang aplikasi sistem informasi manajemen. Metode untuk menganalisis kondisi current system menggunakan Data Flow Diagram. Metode untuk perancangan database data warehouse menggunakan metode Nine-Step Kimball. Metode pengembangan sistem informasi manajemen menggunakan pendekatan Unified Modeling Languange dengan alat bantu Use Case Diagram. Implementasi data warehouse menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 2008 dengan database MySQL. Model database schema yang digunakan menggunakan star database schema. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi On Line Analytical Processing (OLAP) yang mendukung pihak manajemen dalam melakukan analisis jasa pengiriman barang dan membantu dalam pengambilan keputusan.

References

[1] E.S., Margianti dan D. Suryadi, H.S.1994. Sistem Informasi Manajemen. Gunadarma..
[2] Inmon, William H. And Richard, D. Hackathorn. 1994. Using the Data Warehouse. John Wiley & Son’s. New York.
[3] Prasetyo, Eko., Nugroho, Lukito Edi and Aji, Marcus Nurtiantara. 2012. Perancangan Data Warehouse Sistem Informasi Eksekutif untuk Data Akademik Program Studi. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada. Vol 1(3), E-ISSN: 2460-5719.
[4] Suni, Eugenius Kau., and Ridwan, Wawan. 2018. Analisis dan Perancangan Data Warehouse Untuk Mendukung Keputusan Redaksi Televisi Menggunakan Metode Nine-Step Kimball (Studi Kasus Pada Redaksi Kompas TV Jakarta). Jurnal Teknik Informatika, vol. 11(2), Oktober 2018, E-ISSN: 2449-7901.
[5] Yulyantari, Luh Made. 2016. Sistem Informasi Eksekutif Manajemen Hotel Menggunakan Data Warehouse. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), E-ISSN : 2541-3058, Oktober 2016.
[6] Kimball, Ralph and Ross, Margy. 2002. The Data Warehouse Toolkit Second Edition. John Wiley and Sons, Inc. New York.
Published
2019-12-05
How to Cite
Hamdani, A., & Sadam, I. (2019). PERANCANGAN MODEL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MENGGUNAKAN DATA WAREHOUSE UNTUK ANALISIS JASA PENGIRIMAN BARANG STUDI KASUS : PT. XYZ. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7598
Section
Vol 3 (2019)