MONITORING DAN PENGONTROLAN SUHU SERTA KELEMBABAN PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN BERBASIS WEB DENGAN METODE FUZZY LOGIC CONTROLLER

  • Edy Prayitno
  • Noni Juliarsari
  • Pipin Farida Ariyani

Abstract

Sistem pemantauan dan pengontrolan ruang penyimpanan merupakan hal yang sangat penting agar kualitas bahan makanan tidak mudah rusak. Dimana mekanisme pengaturan dan monitoring suhu serta kelembapan yang otomatis menjadi sangat dibutuhkan. Pada penelitian kali ini kami merancang sistem deteksi suhu dan kelembapan dengan mikrokontroller Arduino Uno dikombinasikan dengan sensor suhu DHT22, sensor untuk deteksi kelembapan DS18B20 serta relay sebagai alat pemutus dan penghubung arus yang akan digunakan untuk mengaktifkan air cooler. Sistem pemantauan dan pengontrolan ini dikembangkan dengan metodologi waterfall dimana pengolahan serta penyajian data menerapkan metode fuzzy logic controller yang difungsikan untuk menyatakan suatu logika dengan bahasa linguistic, kemudian antarmuka didisain berbasis web. Sistem ini akan memberikan notifikasi mengenai kondisi yang tidak normal dari pantauan dalam bentuk pesan singkat (SMS) dan panggilan ke telepon dengan menggunakan modul SIM800L, juga menggunakan Bot Telegram. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan dalam pemeriksaan suhu dan kelembapan dari manual menjadi otomatis, dan tercatat secara digital. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh bahwa kondisi suhu dan kelembapan dapat ter-capture dengan baik serta sistem berhasil mengirimkan notifikasi dengan baik kepada pengelola lokasi gudang penyimpanan yang dipantau terhadap kondisi tidak normal yang terpantau.

References

[1] Tiffani, A., Putra, D. I. dan Erlina, T. 2017, Sistem Monitoring Suhu, Kelembapan Dan Gas Amonia Pada Kandang Sapi Perah Berbasis Teknologi Internet Of Things (IoT), Journal of Information Technology and Computer Engineering, 01(1): 33–39.
[2] Hilda, A. M. dan Prayitno, G, 2017, Penerapan Logika Fuzzy Pada Alat Pengering Lada Otomatis Berbasis Microcontroller DHT-22, Teknoka. 2.
[3] Lestari, R. E. dan Abadi, A. M, 2015, Aplikasi Fuzzy Logic Pada Pengaturan Air Cooler Untuk Ruangan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, (27): 367-374.
[4] Nugraha, Beny., 2017, Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu pada Stasiun Transmisi Metro TV Jakarta dengan Web berbasis Arduino Uno dan SIM908, Jurnal Teknologi Elektro
[5] Artanto, Dian, 2009, Merakit PLC dengan Mikrokontroler, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[6] Rusli, Mochammad, 2017, Dasar Perancangan Kendali Logika Fuzzy, Malang: UB Media.
[7] Ipqi.org, 2014, Perencanaan Layout Warehouse. Avalable at: https://ipqi.org/perencanaan-layout-warehouse/ [Diakses: 21 Jan. 2019].
Published
2019-12-04
How to Cite
Prayitno, E., Juliarsari, N., & Ariyani, P. (2019). MONITORING DAN PENGONTROLAN SUHU SERTA KELEMBABAN PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN BERBASIS WEB DENGAN METODE FUZZY LOGIC CONTROLLER. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7593
Section
Vol 3 (2019)