APLIKASI PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN KOLEKSI MUSEUM SEJARAH JAKARTA BERBASIS WEBSITE PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DKI JAKARTA

  • Budi Santoso
  • Baginda Oloan Lubis

Abstract

Perkembangan Teknologi informasi internet ini telah menambahkan dampak positif untuk masyarakat. Teknologi internet mampu mengubah gaya hidup pada masyarakat yang tertinggal menuju pada masyarakat modern. Beberapa dampak positif dari sebuah teknologi internet yang berkembang yaitu lebih memudahkan pencarian informasi, pencarian artikel dan lain-lain. Museum Sejarah Jakarta saat ini belum menggunakan komputerisasi dalam hal pengolahan data koleksinya dan informasi yang didapat oleh masyarakan hanya melalui pamplet dan brosur. Untuk itu dibuatlah sistem informasi berbasis website yang berfungsi sebagai media promosi dan sebagai pendataan koleksi yang ada pada Museum Sejarah Jakarta. Model pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model waterfall atau air terjun adalah model yang dikembangkan untuk pengembangan perangkat lunak, membuat perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini dengan adanya website penyebaran informasi koleksi Museum Sejarah Jakarta lebih luas sehingga masyarakat mengetahui apa saja yang ada pada Museum Sejarah Jakarta. Bagaimana prosedur peminjaman dan pengembalian koleksi Museum Sejarah Jakarta. Kemudian dengan komputerisasi pengolahan data inventori koleksi lebih terkontrol dengan baik.

References

[1] N. Rochmawati and R. E. Saputra, 2016, Perancangan Sistem Informasi Inventaris Untuk Peminjaman Dan Pengembalian Barang Di Laboratorium Jurusan Teknik Informatika FT Unesa, vol. I, pp. 246–255.
[2] W. S. Ningkrum, K. Malik, and Honainah, 2016, Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Barang Sinfo di PTPJB UP Paiton, vol. 8, pp. A208–A212.
[3] D. Yusuf, 2017, Sistem Peminjaman Barang Di Perusahaan Menggunakan Teknologi RFID, SIGMA-Jurnal Teknol. Pelita Bangsa, vol. 6, no. 1, pp. 49–58.
[4] Kurniawati and T. Ghofar, 2017, Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMPN 71 Jakarta, J. Sinop. Ilmu Pengetah. dan Teknol, vol. 3, no. 1, pp. 158–162.
[5] K. Ramanda, R. Komarudin, Maisyaroh, and A. Salim, 2014, Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi, Sniptek 2014, pp. 11–16.
[6] S. Rosliana, Herlawati, and A. Supriyatna, 2015, Sistem Informasi Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan Smp Negeri 20 Bekasi, J. Sist. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 215–233.
[7] A. S. Rosa and M. Shalahuddin, 2018, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Revisi. Informatika, Bandung.
[8] S. Bakhri, 2015, Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sembako Menggunakan Model Waterfall ( Studi Kasus : Koperasi Karyawan PT. Frisian Flags),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 3, no. 1, pp. 70–82, 2015.
[9] R. Rosidin and B. O. Lubis, “Implementasi Program Persediaan Barang pada CV . Ardho Teknik Bekasi,” J. Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, no. 2, pp. 172–180, 2017.
Published
2019-12-04
How to Cite
Santoso, B., & Lubis, B. (2019). APLIKASI PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN KOLEKSI MUSEUM SEJARAH JAKARTA BERBASIS WEBSITE PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DKI JAKARTA. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7579
Section
Vol 3 (2019)