ANALISIS KUALITAS LAYANAN (QUALITY OF SERVICE) JARINGAN INTERNET BERBASIS NIRKABEL (WIRELESS) PADA SEKOLAH TINGGI ILMU MARITIM “AMI” (STIMAR “AMI”) JAKARTA

  • Agung Dwi Laksono
  • Qamaruddin .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan (quality of service=QoS) jaringan internet berbasis nirkabel pada Sekolah Tinggi Ilmu Maritim “AMI” (STIMar “AMI”) Jakarta. Metode yang digunakan untuk mengukur QoS terdiri atas parameter bandwidth, delay, jitter dan packet-loss dari pengirim ke penerima (end to end) berdasarkan standar kualitas layanan yang ditetapkan oleh TIPHON. Pengukuran parameter QoS menggunakan software Axence NetTools version 5.0 dilakukan pada lantai 1 ,2 dan 3 STIMar “AMI pada jam 09.00 sampai jam 18.00 selama 5 (lima) hari kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quality of Service jaringan internet berbasis nirkabelpada Sekolah Tinggi Ilmu Maritim “AMI” Jakarta sesuai standar TIPHON termasuk kategori “Memuaskan”.

References

[1] https://apjii.or.id
[2] Iskandar, I. dan Alvinur Hidayat.2015.Analisa Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus:UIN Suska Riau).Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2.hal.67-76
[3] Agus Nur Wicaksono.2016.Analisis QOS (Quality Of Service) Jaringan Wireless Local Area Network di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (journal.student.uny.ac.id), hal.1-5
[4] Lubis,Rahmat Saleh dan Maksum Pinem.2014.Analisis Quality Of Service (QOS) Jaringan Internet di SMK Telkom Medan.SINGUDA ENSIKOM,Vol.7, No.3.hal.131-136
Published
2019-12-03
How to Cite
Laksono, A., & ., Q. (2019). ANALISIS KUALITAS LAYANAN (QUALITY OF SERVICE) JARINGAN INTERNET BERBASIS NIRKABEL (WIRELESS) PADA SEKOLAH TINGGI ILMU MARITIM “AMI” (STIMAR “AMI”) JAKARTA. SINTAK, 3. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7570
Section
Vol 3 (2019)