ANALISIS KUALITAS LAYANAN (QUALITY OF SERVICE) JARINGAN INTERNET BERBASIS NIRKABEL (WIRELESS) PADA SEKOLAH TINGGI ILMU MARITIM “AMI” (STIMAR “AMI”) JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan (quality of service=QoS) jaringan internet berbasis nirkabel pada Sekolah Tinggi Ilmu Maritim “AMI” (STIMar “AMI”) Jakarta. Metode yang digunakan untuk mengukur QoS terdiri atas parameter bandwidth, delay, jitter dan packet-loss dari pengirim ke penerima (end to end) berdasarkan standar kualitas layanan yang ditetapkan oleh TIPHON. Pengukuran parameter QoS menggunakan software Axence NetTools version 5.0 dilakukan pada lantai 1 ,2 dan 3 STIMar “AMI pada jam 09.00 sampai jam 18.00 selama 5 (lima) hari kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quality of Service jaringan internet berbasis nirkabelpada Sekolah Tinggi Ilmu Maritim “AMI” Jakarta sesuai standar TIPHON termasuk kategori “Memuaskan”.
References
[2] Iskandar, I. dan Alvinur Hidayat.2015.Analisa Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus:UIN Suska Riau).Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2.hal.67-76
[3] Agus Nur Wicaksono.2016.Analisis QOS (Quality Of Service) Jaringan Wireless Local Area Network di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (journal.student.uny.ac.id), hal.1-5
[4] Lubis,Rahmat Saleh dan Maksum Pinem.2014.Analisis Quality Of Service (QOS) Jaringan Internet di SMK Telkom Medan.SINGUDA ENSIKOM,Vol.7, No.3.hal.131-136