SURVEI KEPUASAN MAHASISWA IAIN SALATIGA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI PROPROFS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat kepuasan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi proprofs sebagai pengganti tes berbasis paperless. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan deskriptif kuantitatif, dimana data diperoleh dengan menyebarkan angket ke mahasiswa kemudian akan dianalisis berdasarkan 5 kategori yaitu: Informativeness (bersifat informative), Information Format (format informasi yang bermanfaat), Timeliness (tepat waktu), Easy of Use (mudah digunakan), dan Reliability (ketangguhan aplikasi). Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah mahasiswa merasa puas menggunakan aplikasi proprofs dengan prosentase 75 %. Nilai ini diperoleh dari nilai rata-rata gabungan 5 kategori. Sehingga aplikasi proprofs dapat digunakan sebagai pengganti paperless untuk keperluan tes di Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga.
References
[2] Darmawan, IPA., Sujoko, Edi. 2017. Survei Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Kualitas Layanan Di STT Simpson Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Satya Widya. Vol 33 No 1 (2017).
[3] Wijaya, Jonathan. 2018. Pemanfaatan Aplikasi Daring Proprofs Quiz Maker Untuk Mengembangkan Kegiatan Apersepsi Pembelajaran Matematika Topik Trigonometri Kelas X IPA Sma Marsudirini Sedes Sapientiae Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
[4] Apriyani, DA, Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 51 No. 2 Oktober 2017.
[5] Irawan, A., Komara, E.F. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 1, (2), 2017, Hal: 123-134.
[6] Khoirisa, Afrianda, dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Fedex Express Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 25 No. 2 Agustus 2015.
[7] Listya, Istiningtyas. 2017. Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Program Studi Psikologi Islam Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami Vol. 3 No. 2 (2017). Hal:125-136.
[8] Anastasi, Anne., Urbina, Susana. 1997. Psychological Testing 7th Edition. Pearson. USA.
[9] Santoso, Andrew. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Penumpang Kereta Api Argo Bromo Anggrek Jurusan Surabaya-Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya. Vol 21, No 1 (2015).