PEMANFAATAN BALANCE SCORECARD DAN CASCADING STRATEGI ORGANISASI UNTUK PERANCANGAN STRATEGI LAYANAN PENYEDIA LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA ITIL-SERVICE STRATEGY

  • Agus Hermanto
  • Yusrida Mufihah

Abstract

Teknologi informasi telah menjadi sebuah hal yang penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis atau organisasi pada era modern saat ini. Kebutuhan akan penggunaan teknologi informasi yang telah menyebar di seluruh lini organisasi menyebabkan munculnya kebutuhan akan adanya tata kelola teknologi informasi. Kerangka kerja ITILv3 yang telah dikenal sebagai standar pengembangan layanan teknologi informasi dalam tahapan penyusunan strategi layanan memerlukan proses penilaian layanan strategis untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, dan peluang penyedia layanan sebelum mengembangkan Strategi Layanan. Penelitian ini melakukan assesmen (penilaian) rencana strategis organisasi dan Direktorat Sistem Informasi sebagai penyedia layanan pada Universitas XYZ sebagai landasan dalam merancang manajemen strategi penyedia layanan sesuai kaidah yang terdapat dalam ITILv3 untuk proses Service Strategy.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed