PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 1 SD BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SDIT SABILUL QUR’AN ENDIKIA)

  • Rian Maulana
  • Deny Martha
  • Petrus Sokibi

Abstract

Di era modern ini teknologi terus berkembang dengan cepat sehingga mempengaruhi kita di berbagai bidang kehidupan, khususnya di bidang pendidikan. Game Edukasi adalah game digital yang dirancang untuk pengayaan pendidikan, menggunakan teknologi multimedia interaktif dan mempunyai kesempatan yang baik dengan berbasis game. Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang digunakan untuk telepon seluler (mobile), seperti smartphone dan komputer tablet (PDA). Di SDIT Sabilul Qur’an Cendikia pembelajaran bahasa Inggris sudah dimulai dari kelas 1, namun pada pembelajarannya cukup banyak siswa yang susah mengingat kosa kata bahasa Inggris yang sudah diajarkan dan terkadang juga siswa melakukan kesalahan dalam penulisan kosa kata bahasa Inggris. Game edukasi berbasis android ini diharapkan dapat bermanfaat dalam pembelajaran anak-anak kelas 1 di SDIT Sabilul Qur’an Cendikia dalam mempelajari kosa kata bahasa Inggris dan juga dapat membantu guru sebagai media pembelajaran alternatif dalam penyampaian materi mengenai kosa kata bahasa Inggris.

References

[1] Badan Pusat Statistik. 2018. “Keadaan Ketenaga Kerjaan Indonesia Februari 2018.” (42): 1–16. www.bps.go.id.
[2] Muslihudin, Muhammad, Siti Mukodimah, Uji Kompetensi Keahlian, and Teknik Kendaraan. 2018. “Perbandingan Metode Simple Additive Weighting Dan Metode Weight Product Dalam Penentuan Kelayakan Bengkel Teknik Sepeda Motor Untuk Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMK.” (40): 448–57.
[3] Oktafianto, Elisabet Yunaeti Anggraeni, Suyono. 2017. “Sistem Pendukung Keputusan Perankingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kabupaten Pringsewu Menggunakan Metode Weighted Product.” Expert Volume 07: 66–71.
[4] M.Rizki Alpiandi,2016, volume 5, Universitas Islam Indragiri ”Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMP Negri 2 Kecamatan Gaung Anak Serka”
[5] Sidik, Betha. 2012. Pemrograman Web Dengan PHP. Edisi Revi. Bandung: Informatika Bandung.
[6] Simarmata, Janner. 2006. Aplikasi Mobile Commerce Menggunakan PHP Dan MySQL. ed. Fl. Sigit Suyantoro. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
[7] Wahana Komputer. 2010. Mendesain Web Dinamis Dan Menarik Dengan Adobe Dreamweaver. ed. Maria Agustina S. Semarang: Penerbit Andi Yogyakarta.
[8] Yuhefizar, HA Mooduto, Rahmat Hidayat. 2009. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla (CMS) Edisi Revisi. Edisi Revi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[9] e-Media Solusindo. 2008. Cara Gampang Membuat Website Dengan Joomla Untuk Pemula E-Commerce Di Website. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[10] Rinjani, Fatma, Muhamad Muslihudin, and Fiqih Satria. 2018. “Aplikasi Berbasis Website Sebagai Media Pengukuran Kinerja Kepala Pekon Di Kecamatan Pagelaran Pringsewu.” : 67–74. [11] Muhammad Muslihudin, Trisnawati, Siti Mukodimah. 2018. “Perbandingan Metode Simple Additive Weighting Dan Metode Weight Product Dalam Penentuan Kelayakan Bengkel Teknik Sepeda Motor Untuk Uji Kompetensi Keahlian Siswa Smk.” : 448-457.
Published
2019-12-03
How to Cite
Maulana, R., Martha, D., & Sokibi, P. (2019). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 1 SD BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SDIT SABILUL QUR’AN ENDIKIA). SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7561
Section
Vol 3 (2019)