SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BEASISWA PEDULI SOSIAL DENGAN AHP

  • Karina Puri Dayanti
  • Herny Februariyanti
  • Mardi Siswo Utomo

Abstract

Pada beberapa perguruan tinggi menyediakan dana beasiswa bagi siswa yang kurang mampu untuk mendukung pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Namun sistem yang berjalan untuk beasiswa ini masih manual, jadi ada kelemahan pada sistem yang berjalan salah itu kurang tepat dalam menyalurkan beasiswa tersebut. Hal ini terjadi karena kurangnya proses yang mendetail dari seleksi mahasiswa yang diberikan beasiswa. Oleh karena itu diperlukan sistem yang mendukung proses pemilihan tersebut agar dapat membantu pihak Universitas dalam pengambilan keputusan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan guna mendetail agar beasiswa yang diberikan tepat sasaran. Penelitian ini dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam pemberian beasiswa dengan menambahkan kebijaksanaan manusia dan sistem informasi komputerisasi. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan algoritma Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini dipilih karena merupakan metode yang multi kriteria,dengan peralatan utamanya yaitu sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya adalah persepsi manusia,yakni orang yang ahli mengenai permasalahan beasiswa.Hasil dari sistem pendukung keputusan ini adalah didapatkannya rekomendasi penerima beasiswa dengan perhitungan sesuai kriteria yang dipilih,dengan itu pihak Universitas akan lebih mudah dan tepat dalam menentukan penerima beasiswa.

References

[1] Munthafa A E & Mubarok H. 2017. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi.
[2] Mujilahwati S & Setiyati E. 2012 Penerapan Algoritma AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pengambilan Keputusan dalam Seleksi Calon Peserta Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika.
[3] Situmorang H. 2015.Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Peserta Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Tanjung Pura Denganmenggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw).
[4] Sonatha Y &Azmi M. 2010. Penerapan Metode AHP dalam Menentukan Mahasiswa BerprestasiThe Implementation of AHP’s Method to Determine Student’s Achievement.
[5] Pressman,R.S. Yogyakarta: Andi. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I.
Published
2019-12-03
How to Cite
Dayanti, K., Februariyanti, H., & Utomo, M. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BEASISWA PEDULI SOSIAL DENGAN AHP. SINTAK, 3. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7558
Section
Vol 3 (2019)