APLIKASI PENGENALAN JENIS KERIS TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

  • Endang Setyawati STIKOM Yos Sudarso
Keywords: Keris Tradisional, android, augmented reality, vuforia SDK, Java, C

Abstract

Keris merupakan Senjata tradisional yang memiliki bentuk unik dan indah, dan merupakan senjata keramat khususnya di Jawa tengah. Seharusnya jenis Keris Tradisional bisa lebih berkembang di Tanah Air. Sebagai Warisan Budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Sebab Keris Indonesia telah diakui sebagai warisan budaya dunia (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 25 Nopember 2005. Tetapi sebaliknya Pengetahuan masyarakat, terutama generasi muda mereka lebih tertarik dengan budaya barat. Hal ini menjadi problem yang serius, disebabkan minat belajar tetang sejarah budaya bangsa, untuk generasi muda semakin berkurang, hal ini karena media yang digunakan kurang menarik dan sulit diperoleh. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media baru untuk memperkenalkan keris kepada masyarakat luas melalui ponsel. Dari sinilah penulis ingin mengembangkan suatu Aplikasi berbasis android dengan metode 4GT untuk mengetahui tentang jenis Keris yang merupakan senjata bersejarah. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan Java, C++ berbasis Android. Aplikasi ini dapat digunakan ketika pengguna ingin mengetahui jenis-jenis Keris dan filosofi dibaliknya.

Pengguna dapat dengan mudah memindai ponsel mereka pada media yang disediakan dan memperoleh data tentang keris. Obyek keris akan dimodelkan secara 2 dimensi, lalu digabungkan dengan pola penanda. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality maka diharapkan dapat menggabungkan obyek keris secara virtual dengan pola penanda pada media promosi.

Hasil akhir dari Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk informasi pengetahuan bagi generasi muda, tentang jenis-jenis keris sebagai senjata Tradisional untuk melestarikan nilai budaya bangsa.

References

Azuma, Ronald. [1997] A Survey Of Augmented Reality. Journal [Internet], pp. 1-52. Tersedia dalam : , diakses 4 Juli 2012.
Bendert., Katier, 2011, Mobile Augmented Reality, Master Thesis University of Amsterdam., June 2011.
Bharathi, M., Hemalatha, S., Aishwarya, V., Meenapriya, C., Hepzibha, L.S.G., 2010, Advancement in Mobile Communication using Android, International Journal of Computer Applications, Volume : 1, Issue : 7, Halaman : 95-98.
Billinghurst, Mark with Haller, Michael and Thomas, Bruce, 2007. Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design. Idea Group Publishing. Idea Group Inc., United States of America.
Chafied Muhammad, Asmara Rengga, Taufiqurrahman, Hakkun Rizky, 2010, Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality, Seminar Tugas Akhir Institut Teknlogi Sepuluh November Surabaya, 1-5.
Hardiansyah, Fadilah., Fahrul, Setiowati, Yuliana, Fathoni., Kholid, 2011, Augmented Reality Untuk Mengetahui Fasilitas Umum Berbasis Android, Seminar Tugas Akhir Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, 1-9.
Henze., Niels, Schinke., Torben, Boll., Susanne, 2011, What is That? Object Recognition from Natural Features on a Mobile Phone, Proc. of Computer Vision and Pattern Recognition, 2011.
Haag, S., Cumming, M., Mccubbery, D.J., Pinsonneualt, A., And R. Donovan. 2004. Manajemen Information System For the Information Age. 2 nd Edition. ISBN : 0070911207. http://www.mcgrawhill.ca/callege/haag.
Jogiyanto, H. M., 2007. Analisis dan Desain. Andi Offset, Yogyakarta.
Karpischek., Stephan , Marforio., Claudio, Godenzi., Mike, Heuel., Stephan, Michahelles., Florian, Mobile Augmented Reality To Identify Mountains, Information Management, ETH Zürich, Switzerland, 2010.
Kurnia, Anwar., Suryana, Mohamad, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.
Kusuma., Hari., Rendi, Hanum., Dr. Yuhilza., S.si., M.Eng, 2011, Buku Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Berbasis Augmented Reality, Seminar Tugas Akhir Universitas Gunadarma Jakarta, 1-13.
Lang., Veronica, Sittler., Peter, 2012, Augmented Reality For Real Estate, 18th Annual PacificRim Real Estate Society Conference Adelaide, Australia, 15-18 January 2012, 1-14.
Lessard, J., Kessler, G.C., 2010, Android Forensics: Simplyfying Cell Phone Examinations, Small Scale Digital Forensics Journal, Volume : l4, Issue : 1 , Halaman : 1-12.
Muhammad, Masdar., Zulfikar, 2012, Media Promosi T-shirt Berbasis Web Dengan Teknologi Augmented Reality, Seminar Tugas Akhir Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Rosala, 1999. Bunga Rampai Keris Khas Jawa Barat. Humaniora Utama Press, Bandung.
Rumbono, Reza., Ardhi, 2012, Pembuatan Katalog Promosi Perumahan Pastika Condong Catur Residence Yogyakarta Dengan Augmented Reality, Naskah Publikasi, Stmik Amikom Yogyakarta, Halaman : 1-20.
Tobias., Domhan, 2010, Augmented Reality on Android Smartphone, des Studiengangs Informationstechnik an der Dualen Hochschule Baden-Württemberg Stuttgart.
Warrington., Christoper R, 2012, Markerless Augmented Reality for Panoramic Sequences, School of Information Technology and Engineering Faculty of Engineering University of Ottawa Canada.
Olsson., Sebastian, Akesson., Philips, 2009, Distributed Mobile Computer Vision And Applications On The Android Platform, Thesis Faculty of Engineering Centre for Mathematical Sciences Lund University.
Makna Desain Keris dalam Budaya Jawa, oleh warto, dalam jurnal komunikasi Vol. 2, No. 1, Januari - Juni 2008 ISSN: 1978 1261 113
Published
2018-11-14
How to Cite
Setyawati, E. (2018). APLIKASI PENGENALAN JENIS KERIS TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. SINTAK, 2. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6676
Section
Vol 2 (2018)