RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BUKU AJAR DARING BERBASIS WEB

  • Sukamto Sukamto Politeknik Negeri Semarang
  • Liliek Triyono Politeknik Negeri Semarang
  • Idhawati Hestiningsih Politeknik Negeri Semarang
  • Mardiyono Mardiyono Politeknik Negeri Semarang
  • Parsumo Rahardjo Politeknik Negeri Semarang
Keywords: buku ajar daring, sistem informasi, website

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa yaitu sulitnya mendapatkan bahan ajar yang sesuai dengan bahan ajar yang diajarkan dosen, sering kali materi yang diperoleh mahasiswa terkadang hanya disalin pada computer ataupun mengunduhnya dari internet sehingga file tersebut hilang karena terhapus, terkena virus, bahkan komputer yang rusak atau error. Permasalahan  yang dihadapi dosenya itu manajemen bahan ajar yang kurang tersusun rapi, sehingga meyebabkan file bahan ajar hilang atau lupa tempat penyimpanannya. Permasalahan lain yang dihadapi dosennya itu pemberian tugas yang masih belum bias disampaikan secara rapi dan pengumpulan tugas yang masih belum bias diakomodir menjadi satu, biasanya dosen hanya memanfaatkan media flashdisk untuk menyalin tugas yang harus dikerjakan lalu dibagikan kemahasiswa, selain itu dosen juga memanfaatkan media email atau media sosial lain untuk mengirim tugas apabila tidak bias mengajar. Akan tetapi, dengan cara tersebut pengumpulan tugas hanya bias dilakukan satu persatu oleh mahasiswa dikarenakan belum adanya aplikasi yang mengakomodir pengumpulan tugas menjadi satu tempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun Aplikasi Mobile Leaning Berbasis Android Dan Web. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode Waterfall  dimana setiap langkah penelitian dilakukan secara berurutan mulai dari tahap analisis, perancangan sistem, penulisan kode program, dan pengujian sistem. Pengujian dilakukan dengan metode black box yang menguji fungsi masing-masing fitur dan pengujian kepuasan pengguna menggunakan kuisioner. Aplikasi web Mobile Learning telahdiuji pada tiga browser yang berbeda yaitu pada browser Microsoft Edge, Mozilla Firefox dan Google Chrome dengan hasil semua fungsi dapat berjalan dengan baik, sedangkan Aplikasi android Mobile Learning  telahdi uji pada 3 sistem operasi android yang berbeda yaitu pada system operasi Kitkat, Lollipop dan Nougat dengan hasil semua fungsi berjalan dengan baik dan pengujian kepada 30 responden telah didapatkan hasil persentase sebesar 85,6% yang berarti pengguna merasa sangat puas dengan system ini.

References

Arif Zaenul. (2017). Materi Kuliah - Apps on Google Play. Retrieved May 22, 2018, from https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zaenul.materikuliah
Khosyi’in, M. (2012). Perancangan Direktori Bahan Ajar Online Menggunakan Unified Modeling Language (UML). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI) (pp. 1–7). Yogyakarta.
Rizal, H., Adhy, S., &Wirawan, P. W. (2013). Perancangan Dan Pembuatan Mobile Learning Interaktif Berbasis Android Dengan Metode Personal Extreme Programming, 2(3), 1–10.
Saputro, F. B., Somantri, M., &Nugroho, A. (2017). Pengembangan Sistem Kuliah Online Universitas Bergerak Berbasis Android. Transmisi, 19(1), 255–266.
Sekolah Menengah Kejuruan, D. P. (2017). Bahan Ajar SMK. Retrieved May 22, 2018, from http://bahanajar.ditpsmk.net/
Thohari, A. N. A., Satoto, K. I., &Martono, K. T. (2013). Pembuatan Aplikasi Mobile Learning sebagai Sarana Pembelajaran di Lingkungan Universitas Diponegoro. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.1.2.2013.56-65
Wicaksono, A. R., Winarno, W. W., Sunyoto, A., & Learning, P. B. (2015). Perancangan Dan Implementasi E-Learning Pendukung Project. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2015(Sentika), 333–343.
Published
2018-11-14
How to Cite
Sukamto, S., Triyono, L., Hestiningsih, I., Mardiyono, M., & Rahardjo, P. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BUKU AJAR DARING BERBASIS WEB. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6673
Section
Vol 2 (2018)