RANCANG BANGUN APLIKASI CUSTOMER’KU UNTUK MENENTUKAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA BENGKEL NISSAN DATSUN CIMONE

  • Ri Sabti Septarini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Syepry Maulana Husain Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: aplikasi, kualitas pelayanan, Simple Additive Weighting, UML (Unified Modelling Language), kuesioner

Abstract

Dalam pelayanan jasa, kualitas pelayanan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Semakin baik kualitas pelayanan, tingkat kepuasan pelanggan akan semakin tinggi. Penilaian kualitas pelayanan pada Bengkel Nissan Datsun Cimone masih bergantung pada pihak independent yaitu Ipsos Indonesia. Permasalahan yang dihadapi adalah lamanya waktu tunggu hasil penilaian yang dilakukan oleh Ipsos Indonesia menjadikan ketidakefektifan dalam memperbaiki kualitas pelayanan.

Metode penelitian yang dilakukan dalam melakukan penelitian meliputi studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan yang dilakukan dengan pengamatan terhadap sistem evaluasi kualitas pelayanan yang sedang berjalan pada Bengkel Nissan Datsun Cimone. Studi pustaka dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dengan adanya aplikasi Customer’ku ini dapat dilakukan penilaian untuk melakukan tingkat kualitas pelayanan Bengkel Nissan Datsun Cimone secara cepat, rinci dan terukur tanpa lagi melibatkan pihak Ipsos Indonesia.

References

Akrom, Achmad, 2015, Penerapan Fuzzy Multi Attribute Decision Making Dengan Metode Simple Additive Weighting Pada Seleksi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus: SMP Adzkia Islamic School), Skripsi, Jurusan Teknik Informatika UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Baroroh, F.(2014). Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Kefarmasian Di Apotek Kota Yogyakarta Pharmaciana, 4(2)
Asropudin, Pipin. (2013). Kamus Teknologi Informasi. Bandung: Titian Ilmu Informatika.
Febriana, DediIrawan, 2017, SistemPendukungKeputusanUntukMenentukanKualitasPelayananPadaApotek Among RogoAdiluwih, STMIK Pringsewu Lampung, Vol.2 No. 35 Juli 2017, pp. 197-203
Frieyadie, 2016, Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan, Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol. XII No. 1, Maret 2016, pp. 37-45
Kusumadewi, Sri Hartati, S., Harjoko, A., Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu
Nidhra, Srinivas dan Dondeti, Jagruthi. 2012, Black Box And White Box Testing Techniques –A Literature Review, International Journal of Embedded Systems and Applications (IJESA) Vol.2, No.2, 2012, pp. 8-9
Pressman, Roger S. (2012). AnalisisdanPerancanganSistemInformasiuntukKeunggulanBersaingdanOrganisasi Modern, Yogyakarta: Andi
Quadri, S.M.K, dan Farooq, Sheikh Umar. 2010. Software Testing-Goals, Principles, and Limitations. International Journal of Computer Application, Vol. 6 No. 9, Januari 2010, pp. 21-39
Rosa. A.S., dan Shalahuddin. M. (2014) “Rekayasa Perangkat Lunak”, 2nd ed, Bandung : Informatika
Rusito, 2017, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kualitas Kayu Olahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Jurnal Infokam Vol. 13 No.II, September 2017, pp. 1-14
Sunyoto, Danang. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen). Jakarta: PT. Buku Seru
Published
2018-11-14
How to Cite
Septarini, R. S., & Husain, S. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI CUSTOMER’KU UNTUK MENENTUKAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA BENGKEL NISSAN DATSUN CIMONE. SINTAK, 2. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6671
Section
Vol 2 (2018)