RANCANG BANGUN APLIKASI PENDETEKSI PLAGIAT SOURCE CODES DENGAN TOOLS JPLAG (STUDI KASUS IT TELKOM PURWOKERTO)

  • Iwan Firmawan Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Elisa Usada Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ipam Fuaddina Adam Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Greedy String Tiling, JPLAG, plagiat source codes

Abstract

Dalam upaya mencegah tindak plagiarisme di lingkungan kampus IT Telkom Purwokerto. Khususnya praktikum pemrograman komputer yang berdampak besar pada komptensi dan keahlian masing-masing mahasiswa. Perancangan dan pembangunan aplikasi pendeteksi plagiat pada source codes dilakukan dengan mengintegrasikan tools JPLAG. JPLAG merupakan tools pendeteksi plagiat source codes otomatis yang menerapkan algoritma Greedy String Tiling. Greedy String Tiling bekerja dengan 2 tahap yaitu pencocokan berdasarkan minimum match length dan mengelompokkan kemiripan token. JPLAG dikembangkan oleh Karisruhe Institute of Technology dari Jerman menggunakan program Java dan dipilih sebagai tools yang berintegrasi dengan aplikasi Scaniplag karena tools tersebut dapat dijalankan pada aplikasi berbasis website dan mendeteksi source codes secara masal. JPLAG mendukung bahasa pemrograman yang digunakan oleh praktikum di kampus IT Telkom Purwokerto seperti Java, C#, C dan C++. JPLAG tidak hanya membandingkan byte teks, melainkan dapat mengetahui sintaks dan struktur source codes yang berupaya menyamarkan plagiat. Penyebaran kuesioner expert judgment yang mengevaluasi tingkat plagiat JPLAG dengan 7 teknik modifikasi source codes kepada 5 dosen pemrograman. Menghasilkan 0% expert menilai tingkat plagiat JPLAG dinaikkan. 25,7 % expert menilai tingkat plagiat JPLAG selaras atau tetap. 74,3 % expert menilai tingkat plagiat JPLAG diturunkan. Dari hasil implementasi dataset source codes praktikum S1 Sistem Informasi 2017, jenis plagiarisme yang ditemukan tergolong dalam basic level.

References

L. Prechelt, G. Malpohl, and M. Philippsen, “Finding Plagiarisms among a Set of Programs with JPlag,” J. Univers. Comput. Sci., vol. 8, no. 11, pp. 1016–1038, 2002.
K. Z. Haider, T. Nawaz, S. Din, and A. Javed, “Efficient Source Code Plagiarism Identification Based on Greedy String Tilling,” vol. 10, no. 12, pp. 204–210, 2010.
Published
2018-11-14
How to Cite
Firmawan, I., Usada, E., & Adam, I. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI PENDETEKSI PLAGIAT SOURCE CODES DENGAN TOOLS JPLAG (STUDI KASUS IT TELKOM PURWOKERTO). SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6668
Section
Vol 2 (2018)