PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGANGKATAN TENAGA HONORER MENJADI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDY KASUS: BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA TANGERANG)

  • Musarofah Musarofah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rohmat Taufiq Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Perancangan, sistem pendukung keputusan, Tenaga Honorer, Metode AHP

Abstract

Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan proses kegiatan pengisian formasi yang lowong dimulai dari perencanaan, penetapan nama yang akan diangkat, seleksi administrasi, ujian tertulis, penetapan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil (NIP) sampai dengan pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem yang menghasilkan suatu alternatif keputusan yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu dalam mengambil sebuah keputusan. Metode AHP ini dipilih karena terjadi penyusunan permasalahan kedalam suatu struktur hirarki sehingga pengambilan keputusan semaksimal mungkin dapat melibatkan semua faktor yang perlu dipertimbangkan dan akan terlihat jelas kaitan antara faktor yang satu dengan yang lain kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah Tenaga Honorer Kategori II.

Penelitian yang dibuat menghasilkan sebuah sistem Pendukung keputusan yang dapat menghitung tingkat kelayakan tenaga honorer kategori II untuk diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil dan dapat memberikan manfaat dalam meminimalisir waktu dalam pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil yang sesuai dengan kriteria. Adapun kriteria yang digunakan meliputi usia, masa kerja, tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang.

References

Alfansyuri Muhammad, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Bibit Ikan Mas Dengan Metode Analytical Hierarchy Process, Pelita Jurnal Budi Darma, Colume Ix No 2, Maret 2015 ISSN:2301-9425.
Ananta, Sri Winiarti, 2013, Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penelitian Kinerja Pegawai Untuk Kenaikan Jabatan Pegawai Menggunakan Metode Gap Kompetensi, Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol I Nomor 2, Oktober 2013, E-ISSN:2338-5197.
Harahap, Ahmad Arifin, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process, Pelita Informatika Budi Darma, Volume Ix Nomor 3, Maret 2015, ISSN: 2301-9425.
Murnawan, Siddiq Ahmad Fadjar, 2012, Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Technique For Order By Similarity To Ideal Solution, Junal Sisem Informasi Vol Iv No 1 April 2012, ISSN: 2355-4614.
Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2009. "Sistem Informasi Teknologi". Yogyakarta: Andi Offset.
Nugroho, Adi Sulistyo. 2017. ”Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi”. Yogyakarta: Trans Tekno.
Panggabean, Erwin 2015, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Perumahan Ideal Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting, Jurnal Times, Vol.Iv No 1: 12-17, 2015, ISSN:2337-3601.
Puspitasari,Wahyu Dewi, 2016, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process, Jurnal Antivirus, Volume 10 Nomor 2, November 2016, ISSN:1978-5232.
Taufiq, Rohmat. 2013. “Sistem Informasi Manajemen”. Yoyakarta: Graha Ilmu.
R. Taufiq dan NF Fahrozi. 2016. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Alat Berat Tambang Batu Bara dengan Analytical Hierarchy Process. Scientum. Vol.3 No.5, Desember 2016, PP. 94-107.
Published
2018-11-14
How to Cite
Musarofah, M., & Taufiq, R. (2018). PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGANGKATAN TENAGA HONORER MENJADI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDY KASUS: BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA TANGERANG). SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6664
Section
Vol 2 (2018)