PENERAPAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) MUTASI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA TANGERANG

  • Septian Chandra Saputra Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rohmat Taufiq Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Syepry Maulana Husain Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: SPK, Mutasi Pegawai, SPK Pegawai, AHP, Expert Choice

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Mutasi ini merupakan sebuah sisitem yang bertujuan untuk menentukan keputusan mengenai Mutasi Pegawai di BKSDM Kota Tangerang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode pengembangan system yang digunakan yaitu dengan Waterfall, langkah-langkah yang dilakukan dalam waterfall terdiri dari Communication, Planning, Modeling, Construction, Deployment. Sedangkan langkah yang dilakukan dalam AHP terdiri dari Pembuatan Hirarki, Pemberian bobot, Normalisasi, Menentukan Vector Priority, l Max, CI, dan CR. Dari perhitungan yang dilakukan secara manual tersebut untuk mengetahui keakuratan CR kami menggunakan Expert Choice. Hasil penelitian diolah menggunakan program Expert Choice 2011 for Windows. Hasil uji kecakapan menunjukkan bahwa kecakapan hitung sebesar 0,50. Hasil uji kemampuan menunjukan bahwa kemampuan hitung sebesar 0,23. Hasil uji sikap menunjukan bahwa sikap hitung sebesar 0,19. Sedangkan hasil uji  disiplin menunjukan bahwa disiplin hitung sebesar 0,08. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan SPK Mutasi ini bisa memudahkan staff di setiap bagian dalam proses menentukan Mutasi di BKPSDM.

References

Wibowo, Bagus Ari. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Pendukung Keputusan untuk Jalan Menggunakan Metode ID3 (Studi Kasus BAPPEDA Kota Salatiga). Universitas Kristen Satya Wacana: Jawa Tengah.
Taufiq Rohmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Graha ilmu. Yogyakarta.
Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Abdul Wahab, Solichin.2008. Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.
O’Brien, James A. dan Marakas, George M. 2014. Sistem Informasi Manajemen (Terjemahan Liza Nurbani Puspitasari dan Hirson Kurnia), Edisi kesembilan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian
Undang-Undang Nomor 96 Tahun 2000 tentang wewenang pengangkatan, pemindahan, pemberhentian pegawai negeri sipil
Hanggraeni, Dewi, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2018-11-14
How to Cite
Saputra, S., Taufiq, R., & Husain, S. (2018). PENERAPAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) MUTASI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA TANGERANG. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6663
Section
Vol 2 (2018)