PENGGUNAAN MODEL VIEW CONTROLLER (MVC) DALAM PERANCANGAN MODEL APLIKASI WEBGIS UNTUK INFORMASI RENTAN BANJIR DI SEMARANG

  • Dwiati Wismarini universitas stikubank
  • Hari Murti universitas stikubank
Keywords: WEBGIS, Model-View-Controller(MVC), Three-Tier FrameWork, Rentan Banjir Semarang

Abstract

Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis ke depan cenderung lebih mengarah kepada aplikasi berbasis WEB. Yang dalam hal ini lebih dikenal dengan WEBGIS. Hal ini dikarenakan terlihat adanya potensi besar dalam kaitannya dengan geo informasi di lingkungan aplikasi di lingkungan jaringan.

Terkait dengan pemanfaatan pengembangan aplikasi WEBGIS yang telah semakin banyak dibahas di berbagai penelitian, terdapat sebuah metode yang dinamakan Model-View-Controller (MVC) untuk pengembangan aplikasi berbasis WEB. MVC ini membagi aplikasi dalam dalam tiga bagian utama yaitu Model kemudian View dan Controller.

Dalam Penelitian ini MVC tersebut akan digunakan dalam perancangan Model prototyping Aplikasi WEBGIS untuk informasi Rentan Banjir di kota Semarang, yang mana dalam penelitian tersebut akan dilakukan desain arsitektur Framework berbentuk Three-tier mengunakan MVC,berikut desain general folder organization. Begitu juga dilakukan rancangan prototyping Script code untuk Model, View dan Controller.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed