ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMERINTAHAN JOKO WIDODO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVES BAYES CLASSIFIER

  • Yonathan Sari Mahardhika universitas stikubank
  • Eri Zuliarso universitas stikubank
Keywords: Analisis Sentimen, Klasifikasi, Naïve Bayes, Twitter, Joko WIdodo

Abstract

Twitter merupakan media sosial yang sedang populer saat ini, disini publik bebas berkomentar dan menulis apapun. Tidak jarang pubik berkomentar dengan kata – kata kasar bahkan ujaran kebencian. Pemerintahan Joko Widodo menuai banyak komentar, ada yang memuji, mengkritik dan menghina. Untuk dapat menggali informasi dan melakukan klasifikasi sebuah teks diperlukan analisis sentimen. Dalam penelitian ini analisis sentimen merupakan proses klasifikasi dokumen tekstual ke dalam dua kelas, yaitu kelas sentimen negatif dan positif. Data opini diperoleh dari jejaring sosial Twitter berupa tweet berdasarkan query dalam Bahasa Indonesia. Data yang digunakan berjumlah 400 tweet terdiri dari 300 data latih dan 100 data uji. Data latih merupakan data yang telah diketahui sentimennya, 300 data latih terdiri dari 150 data kelas sentimen negatif dan 150 data kelas sentimen positif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tweet merupakan tweet positif atau negatif yang disampaikan di Twitter dalam Bahasa Indonesia. Pengklasifikasian data tweet menggunakan algoritma naïve bayes classifier. Hasil klasifikasi pada data uji menunjukkan, algoritma Naïve Bayes Classifier memberikan nilai akurasi sebesar 97%. Untuk nilai akurasi tiap sentimennya yaitu 96% untuk sentimen negatif dan 98% untuk sentimen positif.

References

Maulana, A. (2016) Twitter Rahasiakan Jumlah Pengguna di Indonesia, Website: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160322085045-185-118939/twitter-rahasiakan-jumlah-pengguna-di-indonesia, diakses 20 April 2018.
Brogan, C. (2010) Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online, Wiley, Manhattan.
Dyarsa, P. S. (2015) Analisis Sentiment Pada Sosial Media Twitter Menggunakan Naive Bayes Classifier Terhadap Kata Kunci “Kurikulum 2013”, Skripsi, Program Studi Teknik Informasi, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.
Faradhillah, N. Y., Kusumawardani, R. P., & Hafidz, I. (2016) Eksperimen Sistem Klasifikasi Analisa Sentimen Twitter pada Akun Resmi Pemerintah Kota Surabaya Berbasis Pembelajaran Mesin. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 1(3), pp.16-24.
Lorosae, T. A., Prakoso, B. D., Saifudin, S., & Kusrin, K. (2018) Analisis Sentimen Berdasarkan Opini Masyarakat pada Twitter Menggunakan Naive Bayes, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Multimedia Online, 6(1), pp.1-10.
Hanggara, S., Akhriza, T. M., & Husni, M. (2017) Aplikasi Web Untuk Analisis Sentimen Pada Opini Produk Dengan Metode Naive Bayes Classifier, Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri, 3(1), pp.33-1.
Published
2018-11-14
How to Cite
Mahardhika, Y., & Zuliarso, E. (2018). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMERINTAHAN JOKO WIDODO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVES BAYES CLASSIFIER. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6651
Section
Vol 2 (2018)