SIMAKRAMA: LAYANAN PENGADUAN KRAMA BANJAR BERBASIS ANDROID

  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz STMIK STIKOM Bali
  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti STMIK STIKOM Bali
Keywords: SIMAKRAMA, layanan informasi, banjar pakraman

Abstract

Banjar pakraman merupakan sebuah warisan kearifan lokal di daerah Bali. Kehidupan bermasyarakat yang terjadi di Banjar Pakraman selalu dilandasi dengan nilai manyama braya. Nilai menyama braya ini menganggap bahwa krama banjar yang merupakan warga dari sebuah banjar pakraman adalah saudara, sehingga setiap kegiatan ataupun acara yang dilakukan oleh krama banjar dilakukan secara bergotong royong. Informasi-informasi mengenai pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara mendatangi satu persatu rumah krama banjar sembari bersilahturahmi dan menginformasikan kegiatan yang akan digelar. Namun, seiring berjalannya waktu dan tingkat aktivitas dari masing-masing krama banjar yang padat menyebabkan kurangnya waktu untuk melakukan penyebaran informasi dan komunikasi oleh pengurus banjar. Tingginya kebutuhan informasi yang harus dikelola juga menjadi salah satu penyebab pengurus banjar tidak mampu untuk mengakomodasi penyebaran informasi secara manual. Maka dari itu, hal ini dapat diatasi dengan melakukan pengembangan sebuah aplikasi mobile SIMAKRAMA sebagai wujud kolaborasi budaya dan teknologi yang terus berkembang. Aplikasi mobile SIMAKRAMA yang dapat berjalan pada smartphone yang dimiliki oleh krama banjar yang dapat memberikan informasi kegiatan banjar pakraman kepada krama banjar. Selain itu pengelolaan informasi berupa data krama banjar, data kelian banjar dan data pengaduan terkait lingkungan banjar pakraman dapat diakses melalui SIMAKRAMA.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed