SIMAKRAMA: LAYANAN PENGADUAN KRAMA BANJAR BERBASIS ANDROID

  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz STMIK STIKOM Bali
  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti STMIK STIKOM Bali
Keywords: SIMAKRAMA, layanan informasi, banjar pakraman

Abstract

Banjar pakraman merupakan sebuah warisan kearifan lokal di daerah Bali. Kehidupan bermasyarakat yang terjadi di Banjar Pakraman selalu dilandasi dengan nilai manyama braya. Nilai menyama braya ini menganggap bahwa krama banjar yang merupakan warga dari sebuah banjar pakraman adalah saudara, sehingga setiap kegiatan ataupun acara yang dilakukan oleh krama banjar dilakukan secara bergotong royong. Informasi-informasi mengenai pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara mendatangi satu persatu rumah krama banjar sembari bersilahturahmi dan menginformasikan kegiatan yang akan digelar. Namun, seiring berjalannya waktu dan tingkat aktivitas dari masing-masing krama banjar yang padat menyebabkan kurangnya waktu untuk melakukan penyebaran informasi dan komunikasi oleh pengurus banjar. Tingginya kebutuhan informasi yang harus dikelola juga menjadi salah satu penyebab pengurus banjar tidak mampu untuk mengakomodasi penyebaran informasi secara manual. Maka dari itu, hal ini dapat diatasi dengan melakukan pengembangan sebuah aplikasi mobile SIMAKRAMA sebagai wujud kolaborasi budaya dan teknologi yang terus berkembang. Aplikasi mobile SIMAKRAMA yang dapat berjalan pada smartphone yang dimiliki oleh krama banjar yang dapat memberikan informasi kegiatan banjar pakraman kepada krama banjar. Selain itu pengelolaan informasi berupa data krama banjar, data kelian banjar dan data pengaduan terkait lingkungan banjar pakraman dapat diakses melalui SIMAKRAMA.

References

I. K. Meniarta, W. Masúdi, and A. A. Dwipayana, “Dinamika Sistem Kesejahteraan dan Modal Sosial di Masyarakat Banjar Pakraman- Bali,” J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 13, no. November, pp. 231–248, 2009.
N. K. P. Noviasi and J. R. Tampi, “Fungsi Banjar Adat dalam Kehidupan Masyarakat Etnis Bali di Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara,” Acta Diurna, vol. IV, no. 3, pp. 1–10, 2015.
W. G. Suacana, “Budaya Demokrasi dalam Kehidupan Masyarakat Desa di Bali,” J. Kaji. Bali, vol. 01, no. 01, pp. 88–151, 2011.
N. L. Syafiul Muzid, “PENGEMBANGAN SISTEM LAYANAN INFORMASI DESA (SiLISA) TERINTEGRASI BERBASIS SMS GATEWAY Syafiul,” Semin. Nas. Teknol. Ind. dan Inform., no. 2010, pp. 407–412, 2015.
I. W. Noviyanto, Fiftin, Tedy Setiyadi, “JURNAL INFORMATIKA Vol. 8, No. 1, Januari 2014,” J. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 858–869, 2014.
M. Yazdi, “Implementasi Web-Service pada Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Atap di Pemerintah Kota Palu,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. Terap., vol. 2012, no. Semantik, pp. 450–457, 2012.
T. Wicaksana, “Perancangan Aplikasi Informasi Kesehatan Ibu dan Anak Berbasis Android,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2012.
S. B. Aziz, T. A. Riza, and R. Tulloh, “Pasien Pada Dokter Umum Berbasis Android Dan Sms Gateway Design and Implementation Queue System Application for Patient of General Practitioner Using Android and Sms,” J. Elektro Telekomun. Terap., pp. 71–82, 2015.
A. Heryanto, “Aplikasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2010.
Published
2018-11-14
How to Cite
Diaz, R., & Novianti, K. (2018). SIMAKRAMA: LAYANAN PENGADUAN KRAMA BANJAR BERBASIS ANDROID. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6648
Section
Vol 2 (2018)